SOCIAL MEDIA

Rabu, 10 Mei 2017

Menggabungkan Nama Orang Tua untuk Nama Anak

Dari sekian banyak orang tua yang minta dibuatkan nama untuk anaknya, banyak dari mereka yang meminta dibuatkan nama yang merupakan gabungan dari nama orang tua bayi. Maksud saya begini, misalnya ayah bayi bernama Agung sedangkan ibu bayi bernama Laksmi. Nah, Bapak Agung dan Ibu Laksmi ini inginnya nama anak mereka merupakan gabungan dari nama Agung dan Laksmi. 

Sampai sini, mengerti kan ya maksud saya dengan gabungan nama orang tua ini?

Gabungan Nama Ayah Ibu untuk Nama Bayi
Menggabungkan Nama Orang Tua untuk Nama Anak

Tren penggabungan nama orang tua untuk diberikan kepada buah hatinya sekarang ini mulai ramai ya. Kalau lihat dari statistik di form pemesanan nama bayi, ada sekitar 50% dari klien yang minta dibuatkan gabungan nama orang tua. Belum lagi amatan saya pribadi di luar sana, banyak juga kok yang menggabungkan nama ayah dan ibu bayi. Bahkan ada juga yang ikut menggabungkan nama kakak-kakaknya. Jadi nama orang tua digabungkan dengan kakak-kakak untuk diberikan sebagai nama sang adik. Unik ya. Salah satu teman saya malah namanya merupakan gabungan nama kakek-nenek kakek-neneknya. Nah ini lebih unik lagi. 


Pernah juga, saya beberapa kali diminta untuk menggabungkan nama suku asal dari kedua orang tuanya. Pernah saya ceritakan juga di blogpost beberapa bulan lalu.


Sebenarnya, ada banyak inspirasi atau ide untuk menggabungkan nama bagi bayi. Entah itu nama gabungan orang tua, kakek-nenek, nama suku, nama daerah, ataupun nama-nama lainnya. Tapi kali ini saya mau fokus untuk cerita tentang gimana caranya menggabungkan nama orang tua untuk nama bayi ya. 

Kalau saya amati, tren penggabungan nama orang tua untuk nama bayi ini tidak hanya ada di zaman sekarang saja kok. Zaman ketika orang tua saya dulu juga sudah ada loh tren penggabungan nama ini. Berarti sudah cukup lama juga ya. Iya, mungkin karena tidak terlalu terekspose, jadi tidak banyak yang tahu bahwa ada loh nama bayi yang dibuat dari nama orang tua mereka. 

Saya sendiri secara pribadi tidak masalah kok dengan banyaknya orang tua yang menggabungkan nama-namanya untuk diberikan kepada anaknya. Jadi nanti semua anaknya paling tidak akan menyandang satu nama yang sama, yaitu nama gabungan kedua orang tuanya. Bisa jadi sama, bisa jadi beda sih. Mau dibuat sama juga tidak apa-apa. Jika mau dibuat beda berarti orang tuanya perlu memikirkan nama gabungan yang tidak sama alias bikin baru. 

Hanya saja, jika ingin dibuat nama gabungan yang sama untuk masing-masing anak, perlu diperhatikan bahwa sebaiknya nama gabungan tersebut hendaklah bisa digunakan untuk unisex. Tidak terlalu maskulin dan tidak terlalu feminim. Jadi bisa dipakai untuk anak laki-laki dan anak perempuan juga. 

Selain itu, untuk membuat nama gabungan orang tua, hal lain yang perlu diperhatikan adalah susunan dan artinya. Sebaiknya, nama gabungan orang tua untuk nama anak ini, selain mengandung arti gabungan orang tua, ada baiknya juga memiliki makna lain. Misalnya, salah satu gabungan nama orang tua yang pernah saya buat adalah nama "Awandita". Nama Awandita ini selain sebagai gabungan nama orang tua, nama Appa (Kurniawan) dan Amma (Ayudhya Ghita), tapi ternyata nama Awandita juga dalam bahasa Latin artinya cantik. Jadi nama gabungan ini akan memiliki makna ganda, yaitu anak Kurniawan dan Ayudhya Ghita yang cantik.


Namun jika akronimnya terlalu susah dan tidak menemukan nama gabungan yang pas atau arti yang baik, ya tidak apa-apa juga jika nama gabungannya hanya merupakan nama gabungan orang tua tanpa memiliki makna lain. Asalkan jangan memaksakan karena ingin sekali pakai nama gabungan jadinya malah rancu dan tidak indah namanya. 

Menggabungkan Nama Orang Tua untuk Nama Anak


Saya berikan contoh lain ya. Misalnya:
Nama Ayah: Agung Putrawan
Nama Ibu: Laksmi Agustina
Pilihan nama gabungan dari kedua nama di atas yang bisa diberikan untuk anaknya sebagai berikut:

Nama anak laki-laki:

  • Paksi. Diambil dari nama Putrawan dan Laksmi. Paksi juga merupakan nama salah satu burung (Bahasa Indonesia)
  • Aksa. Diambil dari nama Laksmi dan Agung. Aksa juga berarti orang yang selalu jenih air mukanya (Jawa)

Nama anak perempuan:

  • Laksita. Diambil dari kata Laksmi dan Putrawan. Laksita juga artinya anak perempuan yang terkenal cekatan (Sansekerta)
  • Amira. Diambil dari kata Laksmi Agustina dan Putrawan. Amira juga berarti bangsawan, putri yang mulia (Arab)
Untuk menggabungkan nama orang tua ini kita memang perlu kreatif. Tidak perlu berpatokan hanya menggunakan satu suka kata atau malah satu huruf saja. Gunakan seluruh suku kata atau huruf-huruf yang memungkinkan untuk dirangkai menjadi nama yang apik. Lalu buat daftar apa saja yang nama gabungan yang sudah dipilih. Dengan membuat daftar seperti ini, akan memudahkan para orang tua menentukan mana nama gabungan bayi yang terbaik untuk diberikan kepada anaknya kelak. 


Begitulah kira-kira apa yang bisa saya bagikan tentang cara mudah menggabungkan nama orang tua untuk nama anak. Jika masih bingung dalam membuat nama gabungan orang tua, lebih baik serahkan saja pada ahli pembuatan nama bayi. Konsultasikan pada ahlinya supaya bisa dibuatkan nama bayi terbaik dan terbaru sesuai dengan kriteria nama bayi yang diinginkan. Untuk konsultasi pembuatan nama bayi bisa hubungi saya (Armita) di Kontak ini ya.

Pemesanan pembuatan nama bayi yang menggabungkan/mengkombinasikan nama orang tua, dapat mengisi form pemesanan nama bayi di link berikut ini: http://bit.ly/1Mo81Kv.

Armita Konsultan Nama Bayi dan Nama Usaha


Semoga bermanfaat ya!

14 komentar :

  1. Saya dl pengen nama anak digabung, tapi akhirnya hanya disematkan nama ayahnya saja heheh

    BalasHapus
  2. Bagus mba kepikiran ya digabung namun penuh makna jadinya emang mba Mita keren banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, biar double maknanya, tidak hanya mengandung gabungan nama orang tua saja. Tapi juga ada arti lainnya.

      Hapus
  3. Suka kagum sama teh Armita, ide penamaan bayi ini bisa dibilang susah-susah gampang, aku selalu suka sama nama-nama yang dibuat itu pasti bermakna dan artinya juga bagus-bagus.

    Sukses terus ya, teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Teh Zia :) Salam untuk Vito ya.

      Hapus
  4. Anakku yg pertama salah satu namanya gabungan dr namaku dan suami.. Walopun jujur aja rada lebay singkatannya. Heheheh... Kita bikin ralovfa. Kepanjangan dr raka love fanny wkwkwkwk.. Tp ya sudlah..toh papinya yg cari mba.. :D..cm nama anak kedua g ada sih gabungan nama kami berdua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini namanya Fylly bukan ya Mbak? Ralovfa, bagus juga ya nama gabungan orang tuanya :)

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Gimana mba saya punya bayi baru lahir pengen di kasih nama biar ada nama ayah sama ibu nya . Windy dan beki gimana tuh mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Bapak Wahyu,
      Baik, Insya Allah bisa saya bantu untuk pembuatan nama gabungan/kombinasi orang tua untuk nama bayinya.
      Untuk pemesanan nama bayi, mohon mengisi form online berikut ini ya: http://www.armitaconsultant.com/2013/03/form-pemesanan-nama-bayi.html

      Terima kasih.

      Hapus
  7. Ini guweh banget ...
    Nama belakang semua anak-anak saya adalah gabungan dari nama kami. Ayah dan Bundanya ...

    Hahahaha

    Salam saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penasaran dengan nama lengkap anak-anaknya Om.

      Hapus
    2. Muhammad syaiful amin
      Lina fauziah fidriyani gimana cara menggambungkannya gan untuk bayi laki-laki dan perempuan.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...