SOCIAL MEDIA

Monday, March 6, 2017

Tips Memberi Nama Untuk Online Shop

Cara tips Memberi Nama Untuk Online Shop


Tips Memberi Nama Untuk Online Shop. Saat ini, bisnis online sudah menjadi hal yang lumrah. Seringkali, berbelanja secara online adalah solusi bagi mereka yang tidak ada waktu untuk berbelanja secara offline. 

Bagi para pebisnis online, salah satu hal utama yang penting diambil saat akan memulai bisnis online adalah memutuskan apa nama toko yang akan dipakai. Nama adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan dalam membangun bisnis online. Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi tips bagaimana caranya membuat nama online shop yang keren, bagus, kekinian, dan sesuai dengan core business. Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menuliskan tips tentang bagaimana membuat nama perusahaan dan kali ini saya akan coba tuliskan bagaimana membuat nama khusus untuk online shop ya. 


Ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan memberi nama untuk online shop dan berikut ini adalah beberapa diantaranya:


1. Mudah Diingat

Nama online shop yang mudah diingat akan memudahkan konsumen/calon konsumen dalam mengingat-ingat toko ini. Jadi jika suatu saat, konsumen akan membeli produknya/menggunakan jasa dari online shop ini, konsumen dapat langsung menuju online shop tersebut. 

Nama yang mudah diingat ini tentunya juga harus mudah dituliskan dan juga mudah diucapkan. Nama online shop yang belibet, susah ataupun menggunakan nama alay akan sulit diingat oleh konsumen. Nama yang mudah diingat, dituliskan, dan diucapkan ini juga akan menjadi lebih mudah dimengerti oleh konsumen, mitra kerja, supplier, dan pihak lain yang terkait. Pun saat perlu dipromosikan dari mulut ke mulut, prosesnya akan menjadi lebih mudah.



2. Maknanya Baik

Nama online shop itu menggambarkan harapan/doa dari pemilik usaha. Walaupun ada yang berpendapat apalah arti dari sebuah nama, tapi saya tidak sependapat. Nama usaha haruslah nama yang baik, bermakna dalam, dan tidak mengandung unsur keburukan atau energi yang negatif. Bisa juga, nama online shop mencerminkan tujuan dari didirikannya online shop tersebut. Dengan membuat nama online shop yang bermakna baik, pelaku usaha akan menjadi lebih bersemangat lagi dalam menjalankan bisnisnya. 

3. Tidak Pasaran dan Belum Dipakai Pihak Lain

Ada baiknya, nama online shop haruslah unik sehingga konsumen dapat dengan mudah mengingatnya. Saat ini, yang dicari memang nama online shop yang unik. Namun unik bukan berarti sulit ya namanya. Nama online shop yang unik akan memberikan nilai lebih dibandingkan dengan nama online shop yang biasa-biasa saja. Apabila suatu saat online shop tersebut menjadi viral dan dibicarakan oleh banyak orang, nama online shop ini tentu akan lebih menjual dan diharapkan produk/jasa yang ditawarkan menjadi lebih laris/laku. 

Baca: Beberapa Nama Perusahaan yang Sering Digunakan di Indonesia.

Sebelum mengambil keputusan final untuk menggunakan nama online shop tersebut, ada baiknya membuat beberapa pilihan nama online shop. Mengecek apakah nama online shop tersebut sudah digunakan atau belum juga perlu. Sehingga jika namanya sudah digunakan, para pebisnis online shop dapat menggunakan cadangan namanya. Paling mudah adalah menggunakan jasa konsultan pembuatan nama usaha. Dengan menggunakan jasanya, nanti akan dicek apakah nama online shop tersebut sudah digunakan atau belum. Bisa juga dibuatkan nama online shop yang sesuai dengan kriteria dan harapan pemilik usaha. Untuk konsultasi pembuatan nama online shop ini bisa menghubungi saya di Kontak ini. 

Baiklah teman-teman, hari ini sekian dulu ya sharingnya tentang pembuatan nama untuk online shop. Lain kali saya ingin berbagi tips tentang bagaimana memilih nama untuk brand/merek yang bisa juga sekaligus digunakan sebagai nama untuk online shop. Kira-kira ada yang mau tidak ya? Atau barangkali ada yang mau request untuk dibuatkan tulisan dengan tema tertentu? Coba tuliskan ya di kolom komentar, kira-kira ingin dibuatkan tulisan dengan tema apa. Terima kasih.

Salam,
Armita. 






2 comments :

  1. Baca ini karena kebetulan lagi pengen bikin onlineshop. Udah punya nama tapi kalo ada embel-embel pendirinya misalnya bla bla bla by Ratna Dewi kepanjangan atau terlalu ribet nggak ya, Mbak?

    ReplyDelete
  2. Iya ya, Mba Amrita, cari nama itu susah susah gampang apalagi buat buka usaha. Nama adalah doa jadi ga boleh asal2 juga, harus pintar cari yg maknanya bagus.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...