SOCIAL MEDIA

Tuesday, December 6, 2016

Perut Gatal Saat Hamil

Perut Gatal Saat Hamil. Jika saat hamil muda biasanya seorang Ibu mengeluhkan pusing, mual, dan muntah, saat hamil tua Ibu hamil juga akan mengalami beberapa keluhan. Seperti kegerahan, cepat capek, dan juga perut yang sering terasa gatal.


Kegerahan pada Ibu hamil disebabkan suhu tubuh ibu hamil sedang meningkat sehingga mudah gerah. Badan rasanya lebih panas. Apalagi jika usia kehamilan semakin tua. Jika sedang merasa gerah, biasanya Ibu hamil lebih senang berada di ruangan dengan pendingin/AC, menyalakan kipas, dan ingin minum terus menerus untuk mengurasi kegerahan yang dirasakannya.

Perut yang sering gatal-gatal pada ibu hamil disebabkan adanya perubahan hormonal dan tertariknya jaringan kulit pada perut ibu hamil yang semakin membesar. Rasa gatal saat hamil ini akan terasa saat memasuki trimester ketiga (usia kehamilan 7-9 bulan). Apabila berkeringat atau saat udara panas, rasa gatal di perut ibu hamil biasanya akan bertambah.


Cara menghilangkan gatal pada ibu hamil


Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengurangi rasa gatal pada perutnya adalah sebagai berikut:
  • Memakai baju yang longgar dan menyerap keringat. Baju hamil yang berbahan katun bisa menjadi pilihan karena bahan katun biasanya adem dan menyerap keringat. Sebaiknya tidak mengenakan baju dengan warna dasar gelap (hitam, abu-abu, coklat, biru tua, hijau tua) karena menyerap panas.
  • Berada di ruangan yang sejuk dan menghindari aktitas langsung di bawah terik matahari. 
  • Mandi. Guyuran air saat mandi dipercaya dapat menyejukkan badan yang terasa panas. Biasanya Ibu hamil akan mandi 2-3 kali sehari karena rasanya gerah dan ingin mandi terus supaya dingin. 
  • Memakai krim khusus yang memang diformulasikan khusus untuk ibu hamil. Atau bisa juga dengan mengoleskan krim anti strech mark. Minyak zaitun juga lumayan bisa meredakan gatal-gatal pada Ibu hamil. 
  • Rileks dan tenangkan pikiran. Hindari stress agar suhu tubuh tidak meningkat. 

Perut gatal saat hamil itu wajar. Hampir semua ibu hamil merasakannya. Sebaiknya, perut yang terasa gatal saat hamil ini jangan digaruk karena akan membekas dengan warna kehitaman. Memang terkadang ada rasa ingin mengaruk perut untuk menghilangkan rasa gatalnya itu. Tapi tahan diri dan tangan ya untuk tidak menggaruk perutnya. Jika perut terasa gatal, sebaiknya diusap-usap saja dengan tangan. 

8 comments :

  1. yaps bener banget mbak, saat hamil saya mandi sehari 3 kali, siang hari terasa sangat panas berkeringat, kulit jadi lengket gak nyamn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gerah banget ya Mbak emang kalau pas hamil :)

      Delete
  2. Aku dulu rajin olesin virgin coconut oil mbak. It obat ajaib, yg bikin stretch marks ilang tanpa bekas :). Dari hamil ampe skr sih aku selalu olesin itu.. Dan hasilnya, di perutku ga ada strecth marks meski anak udh 2 :D. Serius.. Cara pakenya sambil agak dipijit dikit.. Juga di paha yaa.. Semakin awal makenya, strecth mark yg udh keburu timbul makin gampang hilang. Tp kalo makenya udh telanjur saat strecth mark udh lama, agak susah.. Tp ga ada salahnya coba pake oil ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa nih dicobain pakai VCO buat menghilangkan strechmark :)

      Delete
  3. Aku pernah juga, dua kali Hamil dua kali juga gatal2 di perut. Tipsnya Oke tuh. Makasih mit.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...