SOCIAL MEDIA

Selasa, 15 November 2016

Tanda Tanda Hamil

Berita hamil adalah salah satu berita yang ditunggu-tunggu kehadirannya setelah pasangan suami dan istri resmi menikah. Memang salah satu tujuan menikah adalah meneruskan keturunan. Sehingga kabar kehamilan ini pasti sangat membahagiakan.

Setelah mengetahui tanda-tanda masa subur dan pasangan suami istri sudah berusaha yang terbaik untuk memperoleh keturunan, sekarang saatnya dalam proses penantian untuk menunggu datangnya buah hati. 




Cara termudah untuk mengenali tanda-tanda hamil adalah telat datang bulan. Jika siklus menstruasi teratur, telat sehari atau dua hari adalah hal yang wajar. Namun jika telatnya sampai seminggu, ini patut dicurigai karena bisa saja hamil. 


Coba cek dengan menggunakan test pack. Test pack adalah semacam alat tes kehamilan sederhana yang dijual bebas di pasaran. Bisa dibeli di apotek terdekat. Beberapa minimarket juga menjualnya. Test pack ini fungsinya untuk mendeteksi adanya perubahan hormon kehamilan dengan sensitivitas yang beragam. Harganya bervariasi mulai dari Rp15.000,00 - Rp50.000,00 tergantung merek yang dipilih. 

Cara menggunakan test pack juga cukup mudah kok. Kita bisa menggunakannya di rumah. Test pack akan mendeteksi adanya hormon kehamilan atau human chorionic gonadotropin (HCG) yang ada dalam urine ibu hamil. Yap, tesnya menggunakan urin. 

Langkah mudah menggunakan test pack sebagai berikut ya:
  1. Lakukan tes pada urin pertama di pagi hari. 
  2. Tampung urin pertama ini di sebuah wadah dan celupkan test pack pada urin tersebut. Awas jangan terbalik ya. 
  3. Lihat apa yang terjadi. Ada alat yang langsung menunjukkan hasil yang positif (ada tanda "+") atau negatif (ada tanda "-"). Ada pula test pack yang berupa strip. Jika stripnya berjumlah satu buah berarti negatif (tidak hamil) dan jika stripnya berjumlah dua buah maka positif (hamil).
Kadar HCG dalam urin akan meningkat seiring dengan waktu. Semakin lama haidnya terlambat, maka kadar HCGnya akan semakin tinggi. Oleh karena itu, wajar jika baru terlambat haid dua atau tiga hari, hasil test packnya tidak terlalu kelihatan/masih tipis. Hasil tes dengan menggunakan test pack baru akan terlihat jelas saat terlambat haid sekitar 1 minggu. 

cara baca testpack

Untuk memastikannya, bisa juga datang ke dokter kandungan. Di dokter kandungan ini, kita bisa minta untuk dilakukan USG dan bisa melihat apakah kita benar-benar hamil atau tidak. Jika sudah positif hamil, di layar USG akan terlihat adanya kantung janin. 

Selain terlambat haid, beberapa tanda ibu hamil yang ditunjukkan melalui isyarat tubuh adalah sebagai berikut:
  • Puting payudara terasa lebih lembut
  • Payudara terasa lebih keras dan bengkak
  • Areola payudara (daerah gelap yang mengelilingi puting payudara) menjadi lebih gelap dan diameternya membengkak
  • Pembuluh darah di payudara terlihat menjadi lebih jelas
  • Ada noda flek berwarna pink di celana dalam
  • Seperti merasa masuk angin, perut kembung, pening, dan cepat capek/mudah lelah
  • Ada kontraksi dan nyeri di perut bagian bawah
  • Suhu tubuh naik
  • Sering ke buang air kecil dan sulit buang air besar
  • Mual dan muntah
  • Mudah mengantuk dan ingin istirahat/tidur terus

Jika mengalami sebagian besar dari tanda-tanda di atas, kemungkinan besar Anda hamil. Namun, terkadang reaksi hamil setiap wanita berbeda-beda. Ada yang mengalami hal-hal di atas tapi ada yang tidak. Bahkan tidak mengalami mual, muntah, pusing seperti layaknya morning sickness yang kebanyakan di alami oleh ibu hamil. Orang-orang sering menyebutnya dengan hamil kebo. Enaknya hamil kebo ini, tidak terlalu rewel saat trimester satu. Hamil layaknya orang biasa karena tidak mual dan muntah.

Usia kehamilan biasanya dihitung sejak hari pertama haid terakhir (HPHT). Jika kehamilan berusia empat minggu, sebenarnya masih berusia dua minggu. Selain itu, terkadang kita tidak menyadari bahwa sedang hamil atau sudah terjadi pembuahan pada sel telur oleh sperma. Kehamilan itu sendiri terbagi dalam 3 trimester yaitu trimester 1 (0-12 minggu), trimester 2 (14-28 minggu), dan trimester 3 (28-40/42 minggu). Waktu kehamilan biasanya sekitar 9 bulan 10 hari. 

Sekian blogpost saya tentang tanda-tanda kehamilan ya. Semoga bermanfaat. Bagi yang sedang program hamil, semoga usahanya dimudahkan oleh Allah ya. Jangan lupa berdoa dan serahkan pada Allah Sang Pemilik Kehidupan. 

Ohya, jika nanti sudah positif hamil, konsultasi pembuatan nama bayinya bisa ke saya. Bisa langsung isi form pemesanan nama bayi ini ya. Sampai jumpa!

14 komentar :

  1. Aku dulu tes urinnya berkali2,karena g percaya gitu,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah rezeki yang ditunggu-tunggu ya Mbak :)

      Hapus
  2. Kemarin sempet panik karena udah telaaat, hahaha... rasanya belum siap dengan si kecil yang masih berusia 15 bulan, alhamdulillah akhirnya dapat juga menstruasinya, hehehehe..numpang curcol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah tamunya datang juga ya Teh :)

      Hapus
  3. Pas nespek itu deg degan yaks, trus pas strip dua jd bingung, pasrah, seneng, cemas sendiri. Wkwkwk

    BalasHapus
  4. Idem sama cau tetty pas uda ketahuan positif bingung hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya habis nikah langsung jadi ya. Lihat Abimanyu ganteng banget

      Hapus
  5. Balasan
    1. Iya. Yuk hamil, terus nanti pesan nama bayinya di sini ya :)

      Hapus
  6. Mbaaa...test pack ada yang 10.000 dapet 3. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, masa sih? Murah banget ya. Thanks infonya Mama Amay :)

      Hapus
  7. Jadi keinget jaman pas ngrasa hamil dulu aku norak beli beberapa jenis tespek :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya kehamilan pertama ya Mbak yang beli testpack sampai banyak banget :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...