SOCIAL MEDIA

Thursday, November 24, 2016

Pusing Saat Hamil

Pusing Saat Hamil. Salah satu keluhan yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil adalah gampang pusing, kepala cenut-cenut, atau kleyengan. Sehingga ibu hamil inginnya istirahat saja. Istirahatnya sambil duduk-duduk, menyandar, atau bahkan rebahan di kasur. 
Keluhan pusing-pusing pada ibu hamil

Tensi wanita yang sedang hamil, biasanya akan turun sekitar 10-15 mg sehingga keadaan ini bisa memicu hipotensi dan pusing atau malah sakit kepala. Saat hamil ini juga, wanita membutuhkan darah yang lebih banyak. Namun, pusing pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi. Rasa pusing ini merupakan salah satu pengaruh dari perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Menjadi ibu hamil memang nano nano ya rasanya.

Apabila ibu hamil merasakan pusing, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurasi rasa pusing-pusing ini. Caranya sebagai berikut ya:
  1. Istirahat yang cukup dan jangan terlalu memaksakan melakukan pekerjaan yang terlalu berat. Kenali batas kemampuan masing-masing.
  2. Cukup asupan air sehingga tubuh ibu hamil terhidrasi dengan baik. Bisa dengan teratur minum air putih atau jus buah.
  3. Jangan sembarangan minum obat sakit kepala. Jika sudah tidak tahan dan ingin minum obat sakit kepala, konsultasikan dengan dokter kandungan ya.
  4. Jika pusing disebabkan karena tekanan darah tinggi, segera konsultasikan dengan dokter kandungan. Takutnya tekanan darah yang tinggi ini adalah gejala pre-eklamsia. Apabila memang terserang pre-eklamsia, bisa segera ditangani.
  5. Konsumsi sumber makanan yang banyak mengandung zat besi seperti sayuran yang berwarna hijau tua, tahu, tempe, kacang-kacangan, telur, ikan, dan daging untuk mencegah anemia. 
Walaupun sakit kepada pada ibu hamil ini sebenarnya bisa sembuh sendiri, namun tetap waspada ya apabila dirasa sudah sangat menganggu. Tanyakan pada dokter kandungan atau bidan langganan dan ceritakan keluhan-keluhan ini. Jika dirasa perlu mengonsumsi obat pereda sakit kepala, dokter kandungan atau bidan bisa memberikan obat yang aman untuk ibu hamil.

Semoga informasi tentang pusing-pusing pada ibu hamil ini berguna ya. Silahkan dibagikan jika sekiranya bisa membantu ibu hamil yang sedang mengalami masalah ini dan bisa membantu menangani keluhan pusingnya.

10 comments :

  1. Nah aku dl waktu hamil aneeh Mit. Ga pernah ngerasain mual, muntah, ngidam. Rasanya adem ayem aja, sementara konin katanya yg ngerasain ini itu ampe repot yaa.
    Alhamdulillah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknyaaaa... mungkin Teteh termasuk yang "hamil kebo" itu ya. Senengnya bisa hamil nyaris tanpa masalah :)

      Delete
  2. Assalamualaikum mba. Kalau istri saya dibarengi sama batuk, flu, sama demam. Alhamdulillah sudah jalan 13 minggu, tp pusingnya masih ada. Sampe sekarang tinggal di rumah mertua, kalau menurut mba hilang pusingnya sampai usia kehamilan berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalamwrwb.
      Untuk pusing, biasanya akan hilang saat memasuki usia kehamilan trimester kedua.
      Untuk batuk, flu, dan demam apabila sekiranya sangat menganggu, lebih baik di konsultasikan dengan dokter kandungan langganan ya.

      Salam dan semoga membantu.

      Delete
  3. Makasih Mbak Mita artikelnya sangat bermanfaat, kebetulan aku emang suka pusing kalo telat makan karena tensi darah ku rendah sejak hamil... tapi gak pernah sampe minum obat, paling vitamin tambah darah aja dari Bidan ;) pusing nya ilang kalo udah makan, minum dan bobok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau udah ketemu solusinya ya. Sehat-sehat selalu Sandra :)

      Delete
  4. Assalamualaikum mbak, salam kenal :)
    Saya dulu waktu awal kehamilan kalau sudah pusing pasti sepaket dengan mual. Obatnya klo ga tidur, minum air hangat plus lemon & madu. Alhamdulillah penyakit darah rendah alias suka kliyengan udah ga muncul lagi.

    ReplyDelete
  5. Ibu hamil emang rentan pusing dan mual emang ya mbak.
    Kalau aku dulu gak ada pusing mual parah cuma batuk selama dua bulanan, tak tau penyebabnya apa...

    ReplyDelete
  6. makasih sharingnya ya mbak, sangat bermanfaat ;)) Kalau besok aku udah nikah dan hamil, bisalah tipsnya dicoba.

    ReplyDelete
  7. dulu waktu saya hamil anak pertama juga gitu, kalau agak lelah dikit bawaannya pusing. tapi dibuat istirahat bentar bisa sembuh..
    tapi ya gitu mbak, bentar bentar pusing jadi gak enak ke badan...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...