SOCIAL MEDIA

Jumat, 21 Oktober 2016

Nama Bayi Perempuan Dzakiyyah Kirana Afsheen

Nama bayi unik

Minggu ini saya sedang ingin menceritakan kisah dibalik pemberian Nama Bayi Perempuan Dzakiyyah Kirana Afsheen (nama panggilan: Afsheen). Putri pertama dari Bapak Dedek Ferianto dan Ibu Ilma Suryani Siregar. Adik Afsheen lahir tanggal 8 September 2016, jadi sekarang sudah berumur sekitar 1,5 bulan ya. 

Alhamdulillah adik Afsheen ini sudah di aqiqah sehingga sudah tertebus jiwanya yang tergadai. Semoga dengan sudah di aqiqahnya adik Afsheen ia tumbuh menjadi anak yang sehat lahir batin, kuat, jiwa dan ruhaninya terpenuhi dengan nilai-nilai Illahiah, sholehah, berbakti kepada orang tua dan kelak semoga bisa memberi syafaat/menolong kedua orang tuanya. Aamiin.

Salah satu hal yang disyariatkan saat aqiqah adalah pemberian nama.Tidak diragukan lagi bahwa ada kaitan antara arti sebuah nama dengan yang diberi nama. Sangat disarankan untuk memberi nama dengan arti yang baik. Oleh karena itu, pemberian nama yang baik untuk anak-anak menjadi salah satu kewajiban orang tua.

Terkait dengan pemberian nama untuk bayi ini, sekitar sebulan sebelum jadwal kelahiran adik bayi, Bapak Dedek menghubungi saya. Beliau meminta saya untuk membantu membuatkan nama bayi di mana beliau berkehendak untuk disiapkan nama bayi laki-laki dan perempuan. Karena jenis kelamin bayinya saat ini belum diketahui dengan jelas. Supaya tidak bingung, maka kami kemudian menyiapkan beberapa pilihan nama baik untuk bayi laki-laki atau perempuan.

Kriteria lain yang diajukan oleh Bapak Dedek adalah nama bayi sebaiknya berawalan huruf D. Ini mungkin karena nama ayahnya berawalan huruf D sehingga keturunannya pun kelak bisa diberi nama dengan awalan huruf D pula. Mengenai makna, Bapak Dedek tidak terlalu spesifik ingin nama yang berarti apa, namun beliau menyerahkan sepenuhnya kepada saya asalkan artinya baik. Asal bahasanya sendiri diharapkan berasal dari Bahasa Arab dan Jawa. 

Pertama saya usulkan dua nama yang terdiri dari satu nama bayi laki-laki dan satu nama bayi perempuan. Namun rupanya ada yang kurang pas dan Bapak Dedek menggunakan hak revisinya untuk dibuatkan nama kembali agar sesuai dengan ekspektasinya. Yang direvisi nama bayi laki-laki dan perempuan. 

Sampai akhirnya sekitar 3 hari yang lalu saya mendapatkan kabar dari Bapak Dedek bahwa adik bayi yang telah mereka nantikan sudah lahir. Saat memberi kabar, ternyata adik bayi sudah berumur sekitar 1 bulanan dan Alhamdulillah sudah di aqiqah seperti yang saya ceritakan di atas. Adik bayinya berjenis kelamin perempuan dan saat aqiqah tersebut disematkan nama "Dzakiyyah Kirana Afsheen". Foto saat aqiqahnya bisa dilihat di atas ya. Detail arti nama dari adik Afsheen yang cantik ini adalah sebagai berikut:

Dzakiyyah Kirana Afsheen

Arti per kata
Dzakiyyah : Cerdas (Arab)
Kirana : Cahaya, terang, sinar, cantik
Afsheen : Bersinar seperti bintang (Islami)
Makna
Anak perempuan yang cerdas, memancarkan cahaya yang terang, cantik jiwa raganya, dan bersinar seperti bintang.

Nama Panggilan
Afsheen.
Terima kasih Bapak Dedek dan keluarga sudah menghubungi saya dan saya dengan senang hati bisa membantu keluarga Bapak Dedek untuk membuatkan nama bagi bayinya. Semoga keberkahan selalu menyelimuti keluarga Bapak Dedek ya. Salam untuk si kecil Afsheen. Semoga ia bisa menjadi penolong bagi orang tuanya, benar-benar bisa menjadi wanita cerdas nan bermanfaat sebagaimana makna yang terkandung dalam doanya. Aamiin. 

Rekan-rekan yang ingin dibantu juga dalam pembuatan nama bayinya, bisa langsung mengisi formulir pemesanan nama bayi di sini. Kalau masih bingung mekanisme pemesanan namanya, bisa baca-baca dulu prosedur pemesanan nama di sini ya.

Sampai bertemu di blogpost selanjutnya! 

4 komentar :

  1. Bagus ya namanya dan cukup unik juga :)

    BalasHapus
  2. Aku pilih nama yang unik, simpel, nggak kepanjangan namun memiliki makna, mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak, maknanya yang baik-baik ya.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...