SOCIAL MEDIA

Friday, October 28, 2016

Nama adalah Doa Maka Buatlah Nama yang Terbaik

Membuat nama untuk bayi kita yang baru lahir adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap orang tua. Kewajiban ini memang harus diberikan oleh orang tua namun pemberian namanya bisa dilakukan oleh orang lain misalnya orang tua dan mertua/kakek-nenek bayi, pemuka agama, orang yang dituakan/dihormati, teman, saudara dan pihak lain. Bisa juga dikonsultasikan dengan konsultan nama. Siapapun yang memberikan nama ini, tetap harus memperhatikan bahwa nama yang dibuat haruslah yang bermakna baik dan kelak tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan.

Jika nama yang dibuat adalah nama yang maknanya baik, indah, dan bagus pasti seluruh pihak akan merasa puas dan senang dengan nama ini. Diharapkan tidak ada yang merasa keberatan dengan nama tersebut. Sebagai seorang konsultan nama, saya memiliki beberapa tips yang bisa rekan-rekan terapkan dalam memberikan nama terbaik untuk anaknya. Berikut tipsnya:

Nama terbaik bayi

1. Pilih Nama dengan Arti Terbaik
Karena nama adalah doa, maka buatkanlah nama dengan makna yang terbaik. Jangan buat nama yang punya arti buruk atau rancu. Khawatir nanti jadi doa yang tidak baik dan berpengaruh terhadap kehidupan anak. Apalagi jika nanti anaknya merasa malu, minder, dan tidak percaya diri. 

2. Pilih yang Indah, Mudah Diucapkan dan Terdengar Enak 
Jika sudah mendapat beberapa pilihan nama dengan arti yang terbaik, pilih yang paling indah, mudah diucapkan dan terdengar enak/pantas. Nama yang mudah diucapkan bisa meminimalisir kesalahan penyebutan. 

3. Jelas Jenis Kelaminnya
Sebaiknya tidak menggunakan nama anak perempuan untuk nama anak laki-laki dan begitupun sebaliknya karena takut bias gender. Pilihlah nama yang secara tegas/gamblang menjelaskan bahwa nama tersebut memang untuk anak laki-laki/perempuan sehingga ketika pertama kali orang mendengar ia akan langsung tau. 

4. Tidak Terlalu Panjang
Saran saya, gunakan nama dengan 3 kata saja. Nama dengan 3 kata sudah cukup ideal untuk saat ini. Karena nama yang terlalu panjang dikhawatirkan akan menyuliskan sang anak kelak saat ia harus menuliskan. Bisa juga orang lain akan sulit untuk menghafal atau mengingat nama sang anak. Nama yang terdiri lebih dari 3 kata biasanya akan disingkat.

5. Unik
Saat ini, banyak sekali orang tua yang memilih nama yang unik dan tidak pasaran. Bahkan kalau bisa namanya belum pernah dipakai oleh anak lain. Sebaiknya, meskipun memilih nama yang unik, tapi usahakan agar tetap serasi, bermakna bagus, dan tidak susah dieja/dituliskan dan diucapkan. Kecenderungan orang tua saat ini memilih nama yang unik tapi justru susah diucapkan. Dikhawatirkan jika namanya terlalu rumit malah akan menyusahkan sang anak.

Semoga tips-tips tentang pemberian nama anak tersebut bermanfaat ya. Jika sekiranya masih ada yang bingung membuat nama untuk bayinya, bisa konsultasikan dengan saya. Bisa hubungi saya via WhatsApp, Line, BBM atau e-mail. Cek di sini ya. 

Sampai ketemu di tips berikutnya, have a nice day!


16 comments :

  1. 3 kata ideal untuk saat ini. Jadi, ingat pas ngurus passport diminta 3 kata, akhirnya ditambahi nama ortu karena kurang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Teh, kalau kurang dari tiga biasanya akan diminta untuk digenapi jadi 3 :)

      Delete
  2. kalau sekarang nama anak2 udah pada unik semua, bahkan yg lafalnya dulunya asing, kini mulai sering2 disebutkan, terlepas dari memiliki arit atau tidak, tapi nama2 tersebut enak dan bagus didengar

    ReplyDelete
  3. unik dan mesti gampang diucapkan ya mba...
    nah klo nama aslinya unik.. terus karena susah manggil akhirnya dipanggil ucok,bujang, si tole... gak lucu kan hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, sebaiknya walau pilih nama yang unik tapi nama panggilannya yang mudah :)

      Delete
  4. Betul banget. Jaman sekarang saya lihat para orang tua seolah berlomba2 mencari nama yg paling unik untuk anaknya. Ada yg ngambil namanya dari game, film, komik, dll. Mereka rasa, semakin aneh, semakin baik. Mereka ga mikirin kalo nanti anaknya bisa dibully di sekolah gara2 namanya "terlalu unik" wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Unik, supaya gak berebut ID instagram ya MBak? :p
    Btw, namaku juga ternyata gak ada yang pakai lagi, at least di Indonesia. Hanya saja, kalau pas diabsen zaman sekolah dulu, sering dikira terinspirasi dari nama pemeran telenovela hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, bahkan ada yang sebelum bikin nama anak, dia cek dulu udah ada belum ID nya di Instagram, cek hesteknya juga :)
      Nama Carmelita itu udah Mbak banget, cocok buat branding :)

      Delete
  6. Unik, agar nama anak tidak pasaran, xixiixxi.. tapi harus bermakna yg bagus.. thanks for sharing, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, tetap harus maknanya bagus, itu yang paling penting :)

      Delete
  7. Nama anakku simpel, ARJUNA, berharap jd anak ganteng yaa wajahnya yaa sifatnya..
    kalau WAHYU PRASETYO belakangnya itu nama ayah ibunyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga Juna menjadi anak yang ganteng seperti namanya ya.

      Delete
  8. Ketiga nama anakku memakai inisial yang sama dan hampir mirip. Dan semua nama adalah doa terbaik kami.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...