f

Senin, 25 Juli 2016

Nama Bayi Perempuan Lembayung Faisha Utomo

Nama Bayi Perempuan Unik Modern


Nama Bayi Perempuan Lembayung Faisha Utomo. Halo rekan-rekan. Jika ada yang menyadari, beberapa blogpost terakhir saya isinya adalah cerita saya dibalik pembuatan beberapa nama bayi untuk laki-laki. Supaya seimbang, kali ini saya mau giliran cerita tentang nama bayi perempuan ya. 


Nama bayi perempuan yang akan saya bahas hari ini adalah bayi cantik yang lahir tanggal 20 Juli 2016 dengan nama lengkap Lembayung Faisha Utomo. Nama panggilannya adalah Faisha. Adik Faisha ini adalah anak kedua dari pasangan Bapak Muhammad Slamet Utomo dan Ibu Asdiani. Sudah bisa ditebak bahwa Bapak Muhammad Slamet Utomo berasal dari Suku Jawa (terlihat dari namanya). Oleh karena itu, keluarga Bapak Slamet dan Ibu Asdiani menghendaki bahwa nama anak kedua mereka ada unsur Jawanya, sebagaimana nama anak pertama mereka yang juga diawali dengan kata dari Bahasa Jawa. Nama anak pertamanya adalah Lanang Abidzar Razka. Kata "Lanang" dalam Bahasa Jawa berarti laki-laki.


Keluarga Bapak Slamet dan Ibu Asdiani ingin nama anak kedua mereka memiliki nuansa yang sama dengan anak pertamanya yaitu kata pertama berasal dari Bahasa Jawa. Ibu Asdiani sebelumnya sudah punya nama favorit untuk nama anak keduanya yaitu Lembayung. Kebetulan huruf depannya sama dengan nama anak pertama, yaitu huruf L. Sehingga tugas saya adalah membuatkan nama untuk kata kedua dan ketiga. Selain membuatkan nama untuk kata kedua dan ketiga saya juga tetap menawarkan beberapa pilihan untuk kata pertama selain kata Lembayung.

Ada tambahan informasi dari keluarga Bapak Slamet dan Ibu Asdiani bahwa mereka menginginkan kata keduanya berawalan dengan suku kata "Fa" dimana dalam bahasa Buton, kata "Fa" adalah panggilan untuk anak perempuan di Buton. Sebagai informasi, Ibu Asdiani ini berasal dari daerah Buton. 

Kata pertama dari Bahasa Jawa dan kemudian dilanjutkan dengan kata kedua yang berasal dari Bahasa Buton. Saya pikir ini adalah kombinasi yang baik dan adil karena mampu menggabungkan dua suku yang berbeda (Jawa dan Buton). Asal daerah dari kedua orang tuanya tergabung dalam satu nama anak perempuan mereka.


Berdasarkan informasi lengkap dari Bapak Slamet dan Ibu Asdiani ini, kemudian saya usulkan beberapa pilihan untuk nama bayi perempuannya. Dari beberapa nama tersebut, akhirnya keluarga Bapak Slamet dan Ibu Asdiani menjatuhkan pilihannya pada nama "Lembayung Faisha Utomo". Untuk nama terakhir sengaja dibubuhkan kata "Utomo" yang juga merupakan nama akhir dari Bapak Slamet. Berikut arti selengkapnya dari nama bayi perempuan Lembayung Faisha Utomo. 


LEMBAYUNG FAISHA UTOMO

Arti per kata
Lembayung : Merah jingga, senja (Indonesia)
Faisha : fasih, baik, lancar bicaranya (Islami)
Utomo : Nama Ayah yang juga berarti yang utama (Indonesia)
Makna 
Anak perempuan dari keluarga Utomo yang kehadirannya mampu menghangatkan keluarga sebagaimana hangatnya senja di sore hari, anak perempuan yang juga fasih, baik, dan lancar bicaranya. 
Nama Panggilan
Faisha 
Ohya, nama Lembayung ini sebenarnya cenderung lebih ke nama yang berasal dari Bahasa Indonesia, tidak terlalu bernuansa Jawa. Tapi ya tidak mengapa karena kedua orang tua sudah mantap memilih nama tersebut sebagai nama untuk bayi perempuannya yang cantik. 

Terima kasih untuk keluarga Bapak Slamet dan Ibu Asdiani sudah memberikan kepercayaan kepada saya sehingga saya bisa menjadi bagian dalam mengusulkan nama untuk bayinya. Sehat selalu ya adik Faisha, semoga kehadiranmu semakin menghangatkan suasana dalam keluarga :)


Salam,

10 komentar:

  1. waah nama yang sangat bagus, semoga kelak faisha bisa menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih atas doanya :)

      Hapus
  2. namanya bagus banget, Lembayung. Suka deh. Semoga jadi anak yang baik dan sayang orang tua ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia banget ya Mbak namanya.. :)

      Hapus
  3. namanya bagus, semoga anaknya nanti bisa seperti namanya ya. amin

    BalasHapus
  4. Namanya apiiik Indonesia banget. Nama Faisha juga unik yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, so Indonesia banget ya Mbak.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...