f

Rabu, 11 Mei 2016

Nama Untuk Kakak dan Adik

Contoh Nama Kakak dan Adik


Nama Untuk Kakak dan Adik. Sebenarnya, tidak ada pakem khusus untuk membuat nama bagi kakak dan adik apakah nama keduanya harus mirip atau tidak. Hanya saja kebanyakan dari masyarakat kita sengaja membuat nama adik yang dimiripkan dengan nama kakaknya. Misalnya, saya pernah menemui kakak adik yang bernama hampir mirip yaitu Kaisha (kakak) dan Kaila (adik) atau Raka (kakak) dan Rayi/Rai (adik). Nama kakak adik Raka dan Rayi/Rai ini sering sekali saya jumpai di Jawa Barat. Dalam Bahasa Sunda, Raka berarti kakak, sedangkan Rayi/Rai berarti adik. Nama Rai/Rayi ini dimodifikasi menjadi Raina atau Raisa.

Termasuk sebagian besar klien saya yang berpesan khusus agar nama anak kedua/ketiga mereka dibuatkan yang mirip dengan nama kakak-kakaknya, setidaknya huruf depan atau nama panggilannya mirip. Misalnya, sang kakak yang sudah lahir terlebih dahulu nama depannya C, maka para orang tua tersebut meminta saya untuk dibuatkan nama anak dengan huruf depan C juga.


Keluarga Aa Gym, anak-anak dan cucunya memiliki nama dengan huruf depan yang sama yaitu huruf G sehingga keluarga Aa Gym ini sering disebut sebagai "G Family". Nama anak-anak Aa Gym yaitu Ghaida, Ghazi, Ghina, Ghaitsa, Ghefira, Ghaza, Gheriyya, dan Ghaisan. Cucu Aa Gym bernama Gherisa, Ghazirin, Ghaziran, Ghazain dan Ghilman. Kompak ya? Satu keluarga besar namanya berawalan G semua.

Ada juga klien yang meminta dibuatkan nama dengan inisial nama anak yang sama. Misalnya, jika sang kakak inisial namanya KAC maka adiknya pun memiliki nama dengan inisial yang sama KAC. Ini bukan sesuatu yang baru, nama saya dan adik saya pun inisialnya sama yaitu AF. Kedua anak saya, inisialnya juga sama yaitu AAH (Akmal Albyaksa Hasan dan Azril Adhiatqa Hasan)

Salah satu klien saya, memiliki inisial nama untuk anak-anaknya yang saya kira cukup unik. Inisial anak pertama adalah DOA dan inisial anak kedua adalah ASA. Bagus ya? Selain nama sebagai doa, inisialnya pun tetap mengandung doa dan pengharapan. 

Boleh-boleh saja menamai kakak adik dengan nama yang hampir sama. Sah dan tidak ada yang melarang. Nama yang terlihat sama ini dimaksudkan bahwa mereka itu bersaudara dan berasal dari keturunan yang sama. Asalkan nama yang dibuat memiliki makna yang baik dan tidak negatif.

Lalu bagaimana jika nama antara kakak dan adik itu tidak ada mirip-miripnya sama sekali alias beda banget. Ya tidak apa-apa, tidak jadi masalah. Misalnya sang kakak bernama Hafizh, adiknya bernama Nashwa. Meskipun keduanya terlihat seperti berbeda nyata, namun masih ada kesamaannya yaitu kedua nama tersebut berasal dari Bahasa Arab. Contoh lain, sang kakak bernama Bayu sedangkan adiknya bernama Tirta. Berbeda tapi keduanya memiliki nuansa sama yaitu nuansa alam. Bayu berarti angin dan Tirta berarti air. Contoh nama yang beda banget dan tidak ada benang merahnya misalnya kakak bernama Narendra adik bernama Arkan. 

Arti nama Tirta
Follow Instagram @armitaconsult ya
Selain nama-nama di atas, beberapa nama kakak dan adik yang sering saya jumpai misalnya: 
Zhafran - Zhafira
Kenzi - Keiza
Keenan - Kean
Aliya - Alisha
Naufal - Naura
Sekilas namanya seperti nama anak kembar ya karena memang mirip-mirip. Tapi sebenarnya mereka kakak adik yang memiliki nama hampir sama. 

Setiap orang tua punya preferensi nama sendiri untuk anak-anaknya. Beda orang tua beda selera. Yang penting makna dan tujuannya baik. Jangan karena beda selera kita jadi bertengkar ya. Kalau menurut rekan-rekan bagaimana? Lebih suka dengan nama kakak adik yang mirip atau justru yang sama sekali beda?

49 komentar:

  1. makasih mbak mita, aku lagi nyari nama buat anak kedua, mau dimiripin gimana, tapi ga mau beda juga, pengennya tengah2 hehee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lahirannya sehat selamat ya Mbak.

      Hapus
  2. Anakku baru 1, nanti dipertimbangkanlah untuk nama adiknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh... Kira-kira ingin yang nama bayinya mirip atau tidak nih?

      Hapus
  3. Suami temenku empat kakak beradik punya nama cuma beda satu huruf (Rinaldy, Rinalda, Rinalde, Rinaldo), nama belakangnya sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu semua namanya cuma beda huruf terakhir doang ya.

      Hapus
  4. saia suka yang mirip mbak, anak kedua belum ada tapi udah kepikiran namanya hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga nanti program anak keduanya lancar ya Mbak.

      Hapus
  5. seperti anak kembar ya.. walaupun gak kembar..tetap nama dibikin mirip.., lucu juga... tapi keren..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal nama anak kembar pun boleh beda loh, gak harus mirip.

      Hapus
  6. Kalau aku lebih suka yang miriiipppp. Atau, satu tema. Kayak temenku nih. Dia dan kakak/adiknya namanya bertema benda di langit. Jadi, ada yang namanya Mentari, Langit, Pelangi. So sweet euy menurutku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Aubrey dan Aiden memang mirip ya... Nanti anak ketiga dan seterusnya bikin yang mirip lagi ya Mbak.

      Hapus
  7. Nama mirip bagus juga mba.
    Tapi kalo dikampungku karena penamaan nama anak harus sesuai wetonnya jadi agak susah namanya hampir sama tuh. Aku sama ade aku aja jauh banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama adiknya siapa Mbak? Jadi penasaran.

      Hapus
  8. saya sebenernya suka yang mirip, tapi karena salah paham ama banyak pihak jadi inisialnya aja yang sama

    BalasHapus
  9. anakku miripp banget namanya mbaak Naia dan Nawa, hihihi. lucu aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mirip ya Mbak nama mereka, yang penting artinya bagus Mbak. Salam sayang untuk kedua anaknya ya Mbak.

      Hapus
  10. Waaah menarik. Nama anak pertama dan kedua aku beda banget baik pelafalan maupun inisial. Tapi tetap ada benang merahnya, karena papanya pengemar games final fantasy, makanya dua anak aku namanya diambil dari sana. Hehehee. Makasi sharingnya ya Maaak. Bisa buat referensi kl punya anak lagi nantiii :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi penasaran dengan nama kedua anaknya Mbak.

      Hapus
  11. ini papaku bgt mbak ;p.. dia dan adek2nya punya nama depan sama, ZUL ;p.. yg cewe juga gitu... jd dimulai dari zulfikri, zulfajri, zulfatmiah, zularisa dan aku sampe lupa nama kakanya yg pertama ;p.. hihihi.. buatku sih ga asik aja nama mirip2 ;p.. untungnya namaku dan adek2ku beda bgt satu sama lain, krn mama trmasuk yg ga suka juga kalo nama mirip..dan aku bersyukur mama yg bikin nama2 kami ber4 :D..

    kalo utk anak2ku, nama mereka jg beda bgt, antara si kaka dan si adek.. tp kesamaannya, semua nama terdiri dari hurup mati kebanyakan ;), dan lbh dr 35 huruf. aku tipe yg suka nama2 rusia ato nama2 dr negara balkan yg kbnykan hurup matinya drpd huruf hidup.. dan sengaja nama anakku dimulai dr huruf yg ga biasa, kayak si adek namany dimulai dr huruf X :D.. Sampe skr sih, jujur aja, blm ada yg bisa nyebutin nama anak2ku secara benar kalo pertama kali baca ;p.. pasti semuanya pada nanya, 'ini bacanya gimana' :D.. dan aku dgn senang hati ngejelasin :D Tapi biar susah dibaca, semua ttp punya arti yg bgs :).. kan udh aku survey juga arti nama2nya itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama anak-anaknya siapa Mbak? jadi ingin tau saya...

      Hapus
  12. dulu ibuku namain anak2nya dimulai dengan kata HAS perpaduan nama ibu dan bapak. Jadi seperti aku Tira jadi hastira, adikku tinggal dibalik jadi Tari, jadi hastari. kalau aku mah namain anak2ku suka2, gak ada patokan segala

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, memang tidak ada patokan. Masalah selera saja :)

      Hapus
  13. karena belon punya anak, jadi cuman cita2 doang deh :(

    BalasHapus
  14. Bisa jadi inspirasi suatu saat nanti kalo udah ada anak2 hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbakkkk... sangat bermanfaat sekali pokoknya

      Hapus
  15. Orang tua saya kalau kasih nama anak perempuan semua ada nama Kania, sedang yang laki ada nama Kusuma :D

    Sekarang saya bebas aja kasih nama anak-anak hehehe

    BalasHapus
  16. hihii,,iya yaa terkadang ada nama adek kaka yang serupa, atau awalan yang sama tergantung orang tua nya masing2 .
    haha jadi inget nama bulek2 ku dijawa namanya suwarni, suwarti, sunarno,suroto xixiix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetangga saya di Jawa juga gitu namanya Teh Nchie: Darman, Darso, Daryanto, Darni, Darsi.

      Hapus
  17. wah, nama bagus, semoga berbakti ya nak :)

    BalasHapus
  18. Berarti Tirta Alam artinya air alam ya

    BalasHapus
  19. Jadi kepikiran, nanti nama buat adeknya khalif siapa ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, baru juga lahir Khalifnya. Tapi gak papa Teh, buat persiapan ya.

      Hapus
  20. biasanya si kompakan pake nama belakang bapaknya ^^
    mba Armita,,salam kenal ya
    saya baru tahu ada profesi untuk menemukan nama anak yang pas
    amazing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkenan mampir. Semoga bermanfaat ya.

      Hapus
  21. Mbk salam kenal,sy widya insyaAllah mau jd calon mommy untuk anak pertama,boleh minta referensi untuk nama bayi perempuan dlm bahasa jawa dan arab?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali Ibu Widya.

      Alhamdulillah, selamat atas kehamilannya ya Bu. Semoga sehat selamat sampai persalinannya kelak. Untuk nama bayi perempuan bisa saya berikan. Untuk itu, mohon Ibu dapat mengisi form online pemesanan nama bayi di link berikut ini ya Bu: http://www.armitaconsultant.com/2013/03/form-pemesanan-nama-bayi.html
      Atau Ibu bisa ke bagian atas blog ini, klik Form Pemesanan, pilih yang bagian Nama Bayi.

      Terima kasih dan salam,
      Armita.

      Hapus
  22. Mbak salam kenal,boleh minta referensi nama bayi perempuan dalam bahasa jawa dan arab?krna sy lagi bingung mau nyiapin nama anak pertama,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh,
      Untuk pemesanan nama bayinya, mohon mengisi form berikut ini ya: http://www.armitaconsultant.com/2013/03/form-pemesanan-nama-bayi.html

      Terima kasih.

      Hapus
  23. Mbk salam kenal,sy widya insyaAllah mau jd calon mommy untuk anak pertama,boleh minta referensi untuk nama bayi perempuan dlm bahasa jawa dan arab?

    BalasHapus
  24. kalo ada benang merahnya gitu lucu yaa.. gak mirip2 amat tapi orang ngeh kalo itu nama kakak adik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nama kakak - adiknya masih nyambung :)

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...