f

Selasa, 05 April 2016

Tentang Nama Armita

Konsultan Nama Armita


Tentang Nama Armita. Kurang lebih selama lima tahun belakangan ini malang melintang di dunia usaha pembuatan nama, baru kali ini saya menuliskan akan menuliskan cerita tentang nama saya sendiri. 

Selama ini saya banyak menuliskan tentang nama bayi yang pernah saya buat, nama anak artis, bahkan sampai nama-nama keluarga presiden. Beberapa tips mengenai memberikan nama baik untuk nama bayi atau perusahaan juga pernah saya tuliskan di blog ini. Untuk menemukannya, silahkan rekan-rekan bisa obrak-abrik blog ini sendiri ya. Insya Allah ketemu apa yang dicari kok, gampang navigasinya.

Oke, nama saya Armita. Lengkapnya Armita Fibriyanti. Ada beberapa orang yang saya ketahui bernama Armita. Pertama, adik kelas satu bimbingan ketika kuliah sarjana dulu. Untungnya nama belakang kami berbeda jadi dosen pembimbing kami tidak bingung. Yang lainnya saya tidak terlalu kenal secara personal. Saya tau dari sosial media baik itu Facebook, Twitter, Linkedin, Instagram dan juga ketika saya melakukan pencarian di mesin pencari Google, saya menemukan beberapa orang dengan nama Armita.


Zaman tahun 1980an, ketika saya lahir dulu, tidak banyak bayi perempuan yang diberi nama dengan nama Armita oleh kedua orang tuanya. Nama Armita ini saya kira cukup unik pada zamannya. 

Ketika memasuki usia sekolah, tidak ada seorang pun teman sekolah saya yang memiliki nama Armita. Kalau teman perempuan dengan nama panggilan Mita sih ada beberapa ya misalnya Paramita, Parmita, Madhumita dan Emita. Tapi yang namanya persis Armita tidak ada.

Saya berterima kasih kepada orang tua saya yang memberi nama saya dengan Armita. Nama yang lumayan tidak pasaran. Mungkin ketika orang tua saya memberi nama saya dengan nama Armita, mereka berharap bahwa saya bisa menjadi pribadi yang kuat seperti seorang tentara (Army dalam Bahasa Inggris). 

Saya salut dengan orang tua saya yang mengetahui kata Army dalam Bahasa Inggris. Padahal kedua orang tua saya tidak ada yang bisa berbicara dalam Bahasa Inggris. 

Ada cerita menarik berkaitan dengan nama Armita ketika saya tinggal di California, Amerika Serikat tujuh tahun yang lalu. Ketika itu, saya banyak bekerja dengan orang Meksiko. Pekerja dari Meksiko ini sehari-hari menggunakan Bahasa Inggris dan Spanyol sebagai pengantarnya. 

Oleh mereka, saya tidak dipanggil dengan nama Armita, tapi La Pistola Chiquita. Jadi, dalam Bahasa Spanyol, Armita itu artinya The Small Gun atau pistol kecil. Jadilah saya berjuluk La Pistola Chiquita. 

Dari orang-orang Meksiko ini saya jadi mengetahui arti nama saya dalam bahasa yang lain utamanya Bahasa Spanyol. Bagus juga kok nama La Pistola Chiquita, iya gak?

Kira-kira seperti itulah kisah tentang nama saya, Armita. Semoga bisa memberikan pencerahan di siang hari yang terik ini. Sampai bertemu di tulisan berikutnya ya. 

14 komentar:

  1. Unik ya yang nama spanyolnya, mba :)
    Salam kenal

    BalasHapus
  2. Oohh armita dari kata army ya teh. Kalo saya mah Amy, singkatan dari Aden dan sumi (ortu saya) hihi

    BalasHapus
  3. Salam kenal, mab. semoga usahanya tmbah lancar

    BalasHapus
  4. klo yunan artinya apa ya,....

    BalasHapus
  5. Mbak Armita... Namanya cantik. Wah tentu ditahun 80an jelas belum banyak, bahkan sangat jarang ada nama seperti namanya mbak.

    Ternyata dibali arti kata itu sendiri juga memiliki banyak arti dari bahasa yang lain ya... Dan bila diartikan dari bahasa yang lain, kadang bisa menghasilkan rangkaian kata yang lucu. Seperti yang mbak Armita miliki...

    Terimakasih mbak, sudah berbagi.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...