f

Jumat, 01 April 2016

Memberi Nama Bayi Pilih Trendi atau Esensi?

Membuat Nama Bayi


Memberi Nama Bayi Pilih Trendi atau Esensi? Jika diberikan pertanyaan seperti ini, kira-kira rekan-rekan akan pilih yang mana? Pilih memberikan nama untuk bayinya dengan nama yang trendi ala nama masa kini atau nama yang cenderung menitikberatkan pada esensinya?

Ternyata tidak hanya fashion dan kuliner saja yang memiliki tren ya. Namun nama bayi pun ada trennya. Seperti yang pernah saya ulas di blog bahwa tahun lalu, trennya adalah nama bayi yang bernuansa Turki. Tahun ini sepertinya nama bayi yang unik yang membumi dengan menggunakan nama-nama lokal/bahasa daerah seperti nama cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes Srinarendra.


Nama trendi itu maksudnya nama bayi yang kekinian atau mengikuti perkembangan jaman. Nama yang sedang naik daun dan diminati oleh banyak orang. Sebenarnya, tidak ada salahnya jika orang tua memberikan nama untuk bayinya menggunakan nama bayi yang sedang tren. Misalnya untuk nama anak perempuan yang sekarang sedang banyak disukai adalah nama "Elshanum" yang berarti wanita cantik yang diberkahi Allah. Sedangkan untuk nama anak laki-laki, yang sekarang sedang banyak disukai adalah nama Azka atau Ghazi. 


Tidak ada konsekuensi apapun yang diterima oleh orang tua jika mereka ingin menggunakan nama-nama yang sedang ngetren seperti Elshanum, atau Arka atau Ghazi ini untuk nama anak perempuan dan laki-lakinya. Hanya saja karena nama-nama ini banyak diminati, ada kemungkinan nama ini akan menjadi nama yang pasaran atau tidak unik lagi. Padahal banyak orang tua yang menginginkan nama unik untuk anaknya.

Yang saya maksud dengan nama yang beresensi di sini adalah nama yang lebih menitikberatkan pada makna yang terkandung di dalamnya. Tidak memperdulikan apakah nama tersebut sedang tren atau tidak. Nama ini biasanya akan lebih long lasting. Misalnya nama Muhammad yang dapat diberikan kepada anak laki-laki. Diharapkan, dengan diberi nama Muhammad maka kelak sang anak dapat menjadi salah satu umat Rosul yang sholeh, baik, teladan, dan bisa mengikuti sifat-sifat terpuji Nabi Muhammad, menjadikannya sebagai panutan hidup.


Memberi nama bayi memang hak prerogatif orang tua bayi. Sang orang tua boleh memberikan nama yang sesuai dengan selera orang tua masing-masing. Namun karena nama itu akan disandang selama-lamanya bahkan setelah kita meninggal, alangkah baiknya nama bayi yang diberikan itu dipersiapkan sebaik-baiknya. Yang bisa saya sarankan adalah pilihlah nama yang terbaik dengan makna yang paling baik pula.

Bagaimana dengan rekan-rekan, lebih memilih yang mana? Memberi nama bayi dengan nama yang trendi atau yang penuh esensi? Silahkan, boleh bagi pendapatnya di kolom komentar ya.

Ohya, untuk update terbaru seputar informasi nama baik nama bayi maupun perusahaan bisa dilihat di akun instagram @armitaconsult. Jangan lupa difollow ya supaya jalinan silaturahmi kita tetap terjaga. Terima kasih.

9 komentar:

  1. Kalau nama anak laki-laki saya lebih suka MUhammad ya mbak Armita, alasannya supaya seperti Rasulullah dalam segala hal, dan nama ini juga tidak ada istilah ketinggalan jaman, meskipun banyak yang pakai tapikan dibelakangnya bisa ditambah sesuai keinginan ortu ya :)

    Sukses selalu ya mbak, jasa pemberian nama ini unik sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, nama Muhammad adalah nama sepanjang masa yang bisa ditempatkan di depan, tengah ataupun akhir.

      Hapus
  2. Ngasih nama ke bayi itu jangan asal, soalnya nama itu akan di bawa sampai mati, jadi saya lebih milih nama yang berada di dalam al-qur'an saja mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Nama yang ada dalam Al Quran pasti akan abadi.

      Hapus
  3. Kalau aku asalkan depannya A, apa aja deh panjangannya wahahaha..
    Alhamdulillah maknanya baik.
    Ahza = yang beruntung :)

    BalasHapus
  4. Dulu pengen anak yg nama depannya A. Apa aja deh.
    Alhamdulillah artinya juga bagus.
    Ahza = yang beruntung
    Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahza bagus namanya :) salam sayang untuk Ahza ya...

      Hapus
  5. kalau saya nama anak haruslah doa, jadi harus bagus artinya trus harus banget ada bahasa sansekertanya biar njawa kayak ayahnya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama anak dan ayahnya siapa Mbak? Jadi penasaran...

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...