f

Jumat, 25 Maret 2016

Nama Bayi Unik Tren Tahun 2016


Contoh nama bayi unik


Nama Bayi Unik Tren Tahun 2016. Sesuatu yang unik, nyeleh, tidak biasa dan tidak pasaran (out of the box) itu banyak dicari orang sekarang. Termasuk juga mengenai nama bayi. Banyak orang tua zaman sekarang yang berlomba-lomba memberikan nama bayi yang unik dan tidak pasaran kepada buah hati mereka.

Masih ingat blogpost saya sebelum ini mengenai nama cucu presiden? Di tulisan sebelumnya, saya menceritakan tentang cucu presiden yang baru lahir hari Kamis tanggal 10 Maret 2016 dan arti namanya. 


Jan Ethes Srinarendra adalah salah satu nama terunik yang pernah saya temui. Sri dan Narendra sudah pernah saya temui sebelumnya. Apalagi nama Sri, nama yang terdengar umum untuk generasi tahun 60an - 90an. Banyak anak yang diberi dengan nama Sri ini baik untuk nama laki-laki maupun perempuan. Namun tren penggunaan nama Sri mulai turun peminatnya sejak tahun 2000an (berdasarkan pengamatan pribadi saya). Tidak banyak orang tua yang mau memberi nama anaknya dengan nama Sri sejak tahun 2000an. Takut terlihat kuno, kata mereka.


Ketika pertama kali mendengar Gibran memberikan nama "Sri" untuk anaknya, saya agak surprise. Jujur, saya salut dengan Gibran dan keluarga presiden yang kembali menghidupkan nama Sri ini. Nama lama namun memiliki arti yang baik. 

Jan Ethes, pertama kali dengar saya gak terlalu ngeh dengan nama Jan Ethes ini. Padahal saya asli Jawa. Sebagai orang Jawa, saya tidak mengira bahwa kata yang lazim bagi masyarakat Jawa ini dapat digunakan sebagai nama bayi. Saya kira hanya satu orang yang memiliki nama ini. Tidak ada yang sebelumnya menggunakan nama Jan Ethes sebagai nama bayi. 

Disitulah uniknya keluarga presiden. Ketika rakyatnya gencar memakai nama-nama asing dan moderen, justru keluarga presiden tetap menggunakan nama yang unik, khas, membumi dan sangat Indonesia. Nama anak dan nama cucu semuanya unik dan berkesan. Orang dengan mudah akan mengingat bahwa ini nama keluarga Jokowi.


contoh nama nama bayi

Sejak Pak Jokowi naik pamor sebagai Walikota Solo, dilanjutkan dengan menjadi Walikota Jakarta dan kemudian menjabat Presiden Republik Indonesia, profilnya banyak dicari orang. Sosoknya menjadi teladan dan panutan masyarakat. Pun begitu dengan nama-nama anak presiden. Banyak orang tua yang berkiblat pada nama keluarga presiden. Setidaknya ini yang saya amati dan berdasarkan kriteria pemesanan nama bayi yang saya terima.

Para orang tua yang melakukan pemesanan pembuatan nama bayi ke saya mengajukan kriteria agar dibuatkan nama bayi yang unik seperti nama anak-anak Pak Jokowi. Dua tahun belakangan ini, saya menerima banyak permintaan/order untuk memberikan nama bayi dengan nama Gibran (untuk nama bayi laki-laki) dan Kahiyang (untuk nama bayi perempuan). Kita ketahui bahwa Gibran adalah nama anak pertama presiden yang bernama lengkap Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang adalah nama anak perempuan presiden dengan nama lengkapnya Kahiyang Ayu (Ayang). Rupanya para orang tua ini menyukai nama unik anak presiden yaitu Gibran dan Kahiyang.

Tren ini mengingatkan saya dengan zaman ketika Presiden Soekarno menjabat. Nama anak-anak Presiden Soekarno diikuti dengan nama Soekarno Putra (untuk anak laki-laki) contohnya Guruh Soekarno Putra dan Soekarno Putri (untuk anak perempuan) contohnya Megawati Soekarno Putri. Karena sosoknya teladan, masyarakat pun kemudian mengikuti tren nama anak-anak Soekarno ini. Namun, masyarakat mengganti nama Soekarno dengan nama ayah sang bayi. Misalnya ayah sang bayi bernama Darmo, maka anaknya bernama Megawati Darmo Putri. Jika laki-laki bernama Guruh Darmo Putra. Beberapa teman saya yang lahir tahun 1980an memiliki tren nama seperti ini. 

Tahun 2016 dan beberapa tahun ke depan, nama bayi unik dan tidak pasaran tetap akan menjadi idola masyarakat baik yang mirip dengan nama anak Presiden Jokowi (Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep, Kahiyang Ayu) maupun nama cucu Presiden Jokowi (Jan Ethes Srinarendra) maupun nama-nama yang nyleneh/tidak biasa. Tren ke depan, nama dengan satu kata seperti nama "Jan" ini akan juga menjadi sebuah tren baru di dunia nama bayi. Begitu juga nama lokal yang berasal dari daerah dan bahasa sehari-hari akan naik daun. Berbeda dengan nama tren nama bayi tahun 2015 kemarin.


Kira-kira benar gak ya prediksi saya tentang nama bayi unik tren tahun 2016 ini? Kita lihat setahun ke depan ya. Rekan-rekan ada pandangan lain atau pendapat tidak tentang nama bayi yang akan tren di tahun 2016 ini? Share yuk.

26 komentar:

  1. Iya..saya juga nggak ngeh kalau Jan diambil dari ucapan kita sehari. Jan..Gibran ki out of the box tenan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. biasanya kita ngomongnya "Jiyaannn" ya

      Hapus
  2. Aku suka kok nama-nama unik yang berasal dari bahasa sansekerta dan terkesan njawani. IMHO nama-nama kayak begini lebih enak didengar, penulisannya pun simpel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti anak ketiga bikin nama yang unik gini ya Dewi :)

      Hapus
  3. Nama bayi ternyata ada tren nya ya. Kalau aku pribadi kasih nama bukan yang sedang tren tapi esensinya.

    BalasHapus
  4. bener Mba, aku juga awalnya bingung, ini apa dari bahasa jawa kuno atau sankskerta ya? 'Jan' ternyata.. unik memang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jan ini kata sehari-hari dalam Bahasa Jawa.

      Hapus
  5. Mb.. Mw tanya.. Klo AULIA itu artinya apa ya.. aq pngen kasih nama pke AULIA klo memang artinya bagus..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aulia artinya tinggi, utama, besar. Semoga membantu ya.

      Hapus
  6. tepok jidat deeh saya,nama bayi juga ada trennya.. tapi memang salut dengan Gibran yang membumikan nama asli daerahnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. Ternyata gak cuma fashion yang ada trendnya ya.

      Hapus
  7. Saya suka nama-nama Indonesia kuno.

    Nama-nama seperti Senja, Mentari, Kirana, Rembulan, dll. Tapi susah ga ya nanti dipanggilnya? Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kok Mbak. Senja bisa dipanggil Senja, Mentari = Tari, Rembulan = Bulan.

      Hapus
  8. atau.. sekarang lebih suka cari nama jawa atau sansekerta..tapi tetap bermakna kebaikan.., kalau kasih nama bahasa arab... harus tau cara penyusunan kaidah namanya..

    kasian anak ...jika suatu saat sekolah dimesir atau derah arab..justru malah kedengaran lucu... padahal diindonesia namanya terbilang bagus..

    BalasHapus
  9. Nama adalah doa tapi tetep aja ya selera ortunya berpengaruh pd keunikan nama. Seperti salah satu teman sekolah anakku namanya: Lintang Wengi Sasi Ramadhan.

    Unik dan Indonesia/Jawa banget!
    :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lintang Wengi Sasi Ramadhan, bagus ya Mbak :)

      Hapus
  10. Keren lho nama2 tradisional. Apalagi kalo disambung-sambung kayak nama anak dan cucu Pak Jokowi. Saya bukan orang Jawa tapi saya koq suka mendengar nama2 mereka. Unik da kesannya kayak punya wibawa tersendiri ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga suka Mbak dengan nama-nama keluarga Pak Jokowi :)

      Hapus
  11. Waah, baca ini jadi makin bingung milih nama yang sesuai untuk Killua nanti kalo udah lahir :D

    BalasHapus
  12. nama anak keduaku juga ternyata sedang tren Azalia, Azalea atau apa lagi waktu itu

    BalasHapus
  13. Mbak saya mau minta saran boleh ? Saya bingung mau kasih nma panggilan apa buat bayi prmpuan saya nanti , pilihan namanya sih udah dpet , Auxilya Zamora Prima Rohan , tapi bingung mau manggil apa nanti , bisa mnta pendapatnya mbak ?

    BalasHapus
  14. Mbak mau tanya kalo sandrina artinya apa ya? Makasih

    BalasHapus
  15. Mbak mau tanya kalo sandrina artinya apa ya? Makasih

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...