f

Sabtu, 12 Maret 2016

Membicarakan Arti Nama Cucu Presiden di Trending Topic Metro TV

Jan Ethes Sri Narendra


Membicarakan Arti Nama Cucu Presiden di Trending Topic Metro TV. Alhamdulillah tadi malam saya berkesempatan diwawancari oleh host program acara Trending Topic Metro TV yaitu Andini Effendi. Ini kali ketiga saya masuk TV berdiskusi seputar nama-nama bayi. Sebelumnya, saya pernah juga diwawancari di dua tivi nasional lain yaitu SCTV dan ANTV.


Di program Trending Topic ini, saya diwawancari di segmen kedua dengan durasi wawancara sekitar lima menit. Kami membicarakan mengenai nama cucu presiden Joko Widodo (Jokowi) yang baru lahir kemarin Kamis 10 Maret 2016. Pembicaraan kami tidak berlangsung lama, hanya lima menit saja. Dalam waktu yang cukup singkat ini ada beberapa poin yang kami bicarakan misalnya bagaimana cara membaca nama cucu presiden, apa artinya, baik tidak maknanya, dan nanti kira-kira nama anak keduanya apa. 

Cucu pertama Presiden Jokowi diberi nama Jan Ethes Srinarendra. Nama yang sangat maskulin dan cukup unik ini dibuat langsung oleh Gibran Rakabuming dan pastinya didiskusikan juga dengan Presiden Jokowi. Arti dari nama Jen Ethes Srinarendra adalah sebagai berikut:

Arti per kata:
Jan: Memang, nyata, murni, sekali (Jawa)
Ethes: Cekatan (Jawa)
Srinarendra: Tampan, terang, adil, makmur, raja, orang yang kuat, berkuasa, pemimpin cerdas (Sansekerta)
Makna:
Pemimpin yang cekatan, tampan, bersinar, makmur, kuat, dan cerdas.
Nama Jan Ethes Srinarendra ini kuat sekali unsur Jawanya. Tidak heran jika nama cucu presiden ini bernuansa Jawa karena memang kedua orang tuanya berasal dari tanah Jawa. Pun ketiga anak dari Pak Jokowi juga merupakan nama yang kental dengan nuansa Jawa yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep, dan Kahiyang Ayu. Nama bayi yang sangat unik, tidak biasa, dan juga tidak pasaran. 


Saya yakin nama Jan Ethes Srinarendra ini pasti sudah dipertimbangkan dengan sangat baik. Nama yang bukan hanya sekedar nama karena nama adalah doa. Keluarga presiden Jokowi pasti berharap bahwa kelak sang anak mampu menjadi pemimpin yang mampu berkuasa dengan baik, yang cekatan seperti kedua orang tua dan kakek neneknya, yang tampan baik jiwa maupun raganya, yang adil kepada seluruh rakyatnya, yang mampu menciptakan kemakmuran, kesejahteraan serta memimpin dengan segala kecerdasan.

Makna namanya sangat baik dan positif. Kita doakan agar kelak bayi yang lahir dengan berat 3,09 kg dan panjang 48,5 cm ini tumbuh menjadi pribadi yang baik, sehat, dan kuat sehingga kelak ketika ia tumbuh besar dan dewasa mampu menjadi pemimpin yang cekatan dan cerdas seperti yang tersirat dalam namanya.

Ohya, mengenai cara membaca atau mengucapkan nama Jan Ethes Srinarendra ini memang agak beresiko. Oleh karena ini, supaya maknanya tetap sesuai dengan harapan maka ucapkan nama Jan Ethes Srinarendra ini dengan baik. 

Nama Jan perlu diucapkan dengan Jan bukan Yan atau Han. Di Bahasa Belanda, nama Jan kemungkinan bisa dibaca Yan sedangkan di Bahasa Spanyol bisa jadi ini dibaca Han. Namun karena nama Jan ini berasal dari nama Jawa asli, ucapkanlah dengan Jan. Di beberapa daerah di Jawa, kata Jan kadang diucapkan dengan penekanan lebih menjadi "jiyan" atau "jian" atau "jyaan".

Nama Ethes. Ethes ini juga diambil Bahasa Jawa asli dari ekspresi sehari-hari yang biasa dijumpai di masyarakat Jawa. Nama yang berarti cekatan ini diucapkan "e-thes".

Nama Sri. Nama ini sudah jarang terdengar diberikan untuk anak jaman sekarang. Disaat yang lain berlomba-lomba memberikan nama anaknya dengan nuansa Arab, Barat dan moderen lainnya, Gibran justru menggunakan nama Sri sebagai salah satu kata pada nama anaknya. Membumi dan go local. Pengucapan Sri ini juga biasa saja yaitu "Sri" dalam satu tarikan nafas.

Nama Sri ini identik dengan Dewi Sri sang dewi padi yang melambangkan kesuburan, kemakmura, dan kesejahteraan. Bisa jadi sang bayi nanti diharapkan sebagai anak yang membawa kemakmuran, dan kesejahteraan baik bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Nama yang identik juga dengan usaha orang tuanya dibidang catering dan juga makanan.

Nama Narendra. Di Jawa, nama ini biasa terdengar dan diucapkan sebagai Na-ren-dra. Kadang diucapkan juga dengan Narendro, nama yang berakhiran huruf vokal "o" karena memang masyarakat Jawa yang biasanya menggunakan huruf berakhiran "o" dalam perbincangan sehari-hari.

Nama Cucu Presiden Jan Ethes Sri Narendra


Sebelum mengakhiri sesi wawancara, Andini Effendi sempat menanyakan kepada saya tentang nama anak kedua dari Gibran nanti. Bagaimana jika nanti anak kedua Gibran berjenis kelamin perempuan, apakah namanya akan bernuansa Jawa atau tidak? Menurut saya, ada kemungkinan nanti anak kedua Gibran - Selvi ini akan bernuansa Jawa juga seperti nama kakaknya. Nama-nama dari keluarga besar Presiden Jokowi sudah bernuansa Jawa sehingga bisa jadi nanti nama cucu-cucunya pun diambil dari nama yang berunsur Jawa. 

Selamat kepada keluarga Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda atas kehadiran putra pertamanya. Semoga dengan lahirnya baby Jan Ethes Srinarendra ini semakin melengkapi kebahagiaan, keharmonisan dan kesempurnaan keluarga.

Terima kasih kepada tim Metro TV yang telah mengundang saya untuk berdiskusi via telepon dengan Andini Effendi. Semoga apa yang sudah saya sampaikan kemarin mengenai arti nama baby Jan Ethes Srinarendra bermanfaat ya. 

Bagaimana pendapat rekan-rekan tentang nama Jan Ethes Srinarendra ini?


65 komentar:

  1. Iya saya lihat tadi pagi mbak, saya pikir : ah inikan mbak Armita yang blogger itu. Terus saya lihatin acaranya, meskipun hanya suara dan gambar saja tapi tetap keren lhoh :)

    Semoga makin sukses ya mbak :)

    BalasHapus
  2. Mak Armitha keren. Sampai diwawancarai metro tv.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, Jumat sore saya dihubungi Metro diminta live by telepon dengan Andini Effendi.

      Hapus
  3. Bangga lihat prestasi dan branding Mba yang unik ini :)
    Keren Mba Ami

    BalasHapus
  4. Suka sekali dengan namanya, sangat bermakna sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya unik dan tidak pasaran ya Mbak.

      Hapus
  5. namanya bagus yaa. keren euy dirimu diwawancara tv lg. moga sukses terus u jasa konsultan nama bayinya

    BalasHapus
  6. Keren Mbak. Mbak Armita konsultan nama pertama di Indonesia, bisa sampai diwawancarai tivi nasional, sebuah pencapaian yang luar biasa.

    BalasHapus
  7. pertama dengar namanya asli keren banget dan gak kepikiran padahal kata e-thes itu adalah bahasa sehari-hariloh dan dijadikan nama malah keliatan keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Masyarakat Jawa biasanya menggunakan nama Jan dan Ethes dalam kesehariannya.

      Hapus
  8. Artinya bagus ya mbak.. Dan unik kejawa-jawaan saat org lain berlomba ngasih nama ke barat2 an hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Yas. Nama yang tidak ada duanya.

      Hapus
  9. Namanya bagus, dan unsur jawa nya kentara banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Teh Tian. Kental nuansa Jawanya.

      Hapus
  10. Wiih, keren Mita. Sukses terus dengan konsultan namanya, ya.

    BalasHapus
  11. Namanya bagus, artinya bagus. Smg anaknya jg menjadi anak yg baik sebagaimana harapan ortunya.

    Sukses jg utk Mbak Armita. :)

    BalasHapus
  12. Keren mbaa...
    Spesialisasi consultant nama udah nempel sbg branding mba.
    Btw namanya unik dan sy suka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga suka Mbak. Pertama dengar terlihat janggal karena Jan Ethes ini bahasa sehari-hari di masyarakat Jawa. Tapi lama-lama terdengar biasa dan malah menjadi nama yang unik.

      Hapus
  13. Mak Armita kereeen, diwawancara di tv nasional lagi.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Mbak. Ini sudah yang ketiga. Semoga masuk lagi di TV ya.

      Hapus
  14. Nama yang sangat unik, semoga Jan tumbuh sesuai dengan nama dan pengharapan dari orang tuanya, aamiin

    BalasHapus
  15. Ikut senang. Semoga makin sukses ya Armita.

    BalasHapus
  16. salut mbak...karena bisa aja punya ide bikin blog spesialis nama

    BalasHapus
  17. sukses mbaaa , ini impian unik dr mba Armita yg sukses ya mba :) jd konsultan nama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Desi :) Sukses juga untuk Desi yaa...

      Hapus
  18. Ternyata ini artinya? Jawanya kuat sekali. Kata jan biasanya dipake untuk menunjukkan expresi "menyangatkan" sesuatu. Dijadikan nama ternyata unik juga. Dipadukan dengan ethes, sekilas tadi saya kira bukan bhs jawa namanya. Eh, ternyata maksudnya ethes bhs jawa. Unik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, nama Jan Ethes ini Jawa sekali. Biasa dipakai sebagai kata yang mengungkapkan perasaan oleh masyakarat Jawa. Misalnya "Jan Ethes tenan bocah iki" artinya "Memang cekatan sekali anak ini".

      Hapus
  19. Kata jan biasanya untuk menyangatkan sesuatu. Sekilas tadi saya kira bukan bhs jawa trnyata mksdnya jan ethes bhs jawa.unik namanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, nama Jan Ethes ini Jawa sekali. Biasa dipakai sebagai kata yang mengungkapkan perasaan oleh masyakarat Jawa. Misalnya "Jan Ethes tenan bocah iki" artinya "Memang cekatan sekali anak ini".

      Hapus
  20. Yeay.. masuk tipi.. semoga makin sukses ^^

    BalasHapus
  21. jan, apakah sama dengan kata yang kerap saya dengar dari kawan-kawan saya ketika tengah ngobrol dengan bahasa jawa? berarti jan suka dipake dalam bahasa sehari-hari ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. "Jan" atau "Jiyaan" biasa digunakan oleh masyarakat Jawa sebagai ungkapan penekanan.

      Hapus
  22. Iya, keren banget nama cucu pertama Jokowi, menggambarkan Indonesia yang kaya budaya.

    BalasHapus
  23. Unik dan menarik, saya kagum dgn pemilihan nama ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, salut dengan pemilihan namanya.

      Hapus
  24. Saya suka dengan pemberian namanya mbak armita..., bagaimana dengan nama anak saya nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama Raka dan adiknya bagus. Membumi seperti nama-nama keluarga Presiden Jokowi :)

      Hapus
  25. senang berteman dengan mba..armita....walau cuma di fb dan blog.... kalo berteman dengan yang banyak ilmu.. paling nggak jadi ikutan ngintip ilmunya... dan jadi banyak tahu,..
    sukses ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang juga berteman dengan Mbak Nova :)

      Hapus
  26. Nama cucu Pak Jokowi ini dari bahasa lokal tapi keren. Bagus juga buat nama tokoh fiksi novel. Suatu hari kayaknya nama Jan bakalam sepopuler nama-nama umum yang standar dipakai di novel remaja yang menggambarkan cowok cool keren sejenis nama Dion, Ari, dll :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh Teh Eva, namanya dipakai untuk tokoh fiksi di novelnya Teh Eva. Ditunggu ya.

      Hapus
  27. Nama cucu Pak Jokowi ini dari bahasa lokal tapi keren. Bagus juga buat nama tokoh fiksi novel. Suatu hari kayaknya nama Jan bakalam sepopuler nama-nama umum yang standar dipakai di novel remaja yang menggambarkan cowok cool keren sejenis nama Dion, Ari, dll :D

    BalasHapus
  28. Nama2 (gaul keren) yg sdg trending dg 1 suku kata, spt: Za, Zee, Zoe, Zhu, Ken, Don, Yen, San ...

    Next sepertinya nama cucu presiden Jokowi bakalan byk follower .. "Jan".
    Bgmn menurut pakarnya, kita tanyakan kpd mbak Armita konsultan nama ...
    Pokona mah best lah .. sukses yah mbak !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak Pak Jokowi menjabat, keluarganya menjadi bincangan publik. Termasuk nama anak-anaknya. Dua tahun belakangan ini banyak yang memesan nama ke saya untuk dibuatkan nama dengan kata Gibran (untuk bayi laki-laki) dan nama Kahiyang (untuk bayi perempuan). Tren ke depan, nama dengan satu kata seperti nama Jan ini akan juga menjadi sebuah tren baru di dunia nama bayi.

      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  29. Bener bagus banget namanya kirain bukan dari bahasa Jawa, saya sudah suka dgn nama2 anaknya Pak Jokowi gak salah kalau cucunya pun diberi nama yg gak kalah bagusnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, nama Jan Ethes Srinarendra ini unik sekali dan khas.

      Hapus
  30. Nama yang begitu unik, sederhana, nyeleneh, namun khas sekali pak Jokowi... ^^

    BalasHapus
  31. Imho, sri dalam srinarendra bukan dirujukkan kpd dewi sri (band: sri rama)

    BalasHapus
  32. Ah, saya malah baru sempat mampir kesini :D

    sesuai banget sama keluarga mereka ya namanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, nama keluarga Presiden Jokowi unik-unik ya Mbak.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...