f

Jumat, 12 Februari 2016

Tradisi Memberikan Angpao Imlek saat Tahun Baru China

angpao imlek


Tradisi Memberikan Angpao Imlek saat Tahun Baru China. Beberapa hari yang lalu tepatnya Senin 8 Februari 2016 ada tahun baru China. Di Indonesia, tahun baru Imlek saat ini sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional dan sudah mulai dirayakan tahun 2013. Ini didasarkan pada Keppres No 19/2002.

Kebetulan tahun baru China tahun ini jatuh pas hari Senin ya. Jadi libur panjang deh. Digabung dengan hari Sabtu dan Minggu jadi liburnya bisa 3 hari. Lumayan panjang untuk liburan ke luar kota. Namun saya tidak ke mana-mana. Saya di rumah saja mengisi liburan panjang kali ini dengan membuat pesanan nama bayi dan perusahaan yang sudah di order oleh rekan-rekan.

Alhamdulillah meskipun libur, namun order pemesanan nama lumayan banyak. Terima kasih ya rekan-rekan sudah menaruh kepercayaan kepada saya untuk menjadi bagian dalam pembuatan nama baik untuk nama anaknya ataupun nama usahanya. Semoga nama yang sudah diberikan cocok dan sesuai harapan serta dapat memberikan keberkahan yang panjang. 

Ohya, berbicara tentang tahun baru China, banyak sekali hal menyenangkan yang dinantikan ketika perayaan Imlek tiba. Gak papa ya sekarang kita berbicara tentang hal sedikit di luar tentang nama bayi dan perusahaan. Sedikit penyegaran supaya rekan-rekan tidak bosan dengan isi blog saya. Sekalian ingin menambah referensi pengetahuan tentang Tradisi Memberikan Angpao Imlek saat Tahun Baru China.

Hari raya tahun baru China yang diperingati setahun sekali ini memang kental dengan tradisi oleh masyarakat Indonesia keturunan China. Salah satu yang paling menyenangkan dan dinanti-nantikan adalah tradisi pemberian hadiah angpao Imlek kepada keluarga dan kerabat lainnya.

Demi melengkapi suasana kebahagiaan di hari raya ini, tradisi memberikan angpao pun tidak boleh dilewatkan. Ternyata bukan cuma hantaran hadiah dari MatahariMall saja yang wajib ada ketika hari Imlek loh, angpao pun juga wajib ada. Nah, siapakah yang kemarin dapat angpao dari keluarganya? Atau mungkin malah memberikan angpao kepada keluarganya?


Arti Kata Angpao
Sepertinya hampir semua sudah tau ya apa itu angpao. Tapi jika ada yang belum tau, yuk kita kenalan dulu dengan angpao. Kata angpao berasal dari dua kata yaitu ang dan pao. Ang berarti merah dan pao berarti amplop. Sehingga angpao bisa diartikan sebagai angpao merah. Itulah mengapa semua amplop yang digunakan untuk berbagi angpao memiliki warna merah. Angpao-angpao tersebut dihiasi dengan beragam gambar supaya tampilannya makin menarik.

Sudah Menjadi Tradisi Turun Temurun
Tradisi memberikan angpao sudah dilakukan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Masyarakat Indonesia yang merayakan Imlek biasanya mulai membagikan angpao bertepatan dengan hari raya Imlek. Sebenarnya tradisi juga memperbolehkan pemberian angpao 7 hari sebelum Imlek. Memberikan angpao pada waktu 7 hari sebelum Imlek dilakukan untuk memperingati hari persaudaraan.

Filosofi Mendalam Dibalik Tradisi Angpao
Ternyata ada filosofi mendalam dibalik tradisi memberikan angpao di hari raya Imlek. Tradisi ini dimaknai sebagai transfer rezeki atau kesejahteraan dari orangtua untuk anak-anak dan kerabat, dari anak yang sudah menikah kepada orangtua, serta kepada sesama yang kurang mampu. Dengan berbagi angpao, diharapkan rezeki dan kesejahteraan semua orang akan semakin bertambah di tahun yang baru.

Aturan Memberikan Angpao Saat Hari Raya Imlek
Orang yang boleh memberikan angpao saat hari raya Imlek adalah orang yang sudah menikah. Biasanya orang yang sudah menikah boleh memberikan angpao kepada anak, saudara, atau kerabat yang belum menikah serta orangtua. Nominal uang yang dibagikan dalam angpao besarnya sesuai dengan kerelaan dan kondisi ekonomi si pemberi. Sebab makna dibalik pemberian angpao adalah berbagi rezeki, bukan semata-mata memperhatikan jumlah uangnya.

Sekarang, sudah lebih kenal kan ya dengan angpao. Itulah mengapa masyarakat Indonesia keturunan China sering terlihat membagi-bagikan amplop merah kepada sanak saudaranya. Apakah tahun ini rekan-rekan juga merayakan tahun baru China dan sudah berkewajiban untuk memberikan angpao? Kalau belum, berarti rekan-rekan masih bisa menjadi pihak yang memperoleh angpao dari sanak saudara dan kerabat lainnya. 

Bagaimana, semoga tulisan tentang Tradisi Memberikan Angpao Imlek saat Tahun Baru China ini menambah wawasan rekan-rekan ya. Yuk ceritakan pengalaman rekan-rekan di tahun baru China kemarin!

2 komentar:

  1. Oow walopun sdh mapan ya. Kl msh single msh dpt angpao *manggut2

    BalasHapus
  2. kalau sudah menikah, ada beban tambahan saat cny

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...