f

Sabtu, 03 Oktober 2015

Nama Bayi Bernuansa Turki

Contoh nama bayi dari Bahasa Turki
Nama Bayi Bernuansa Turki


"Kalau bisa dibuatkan nama yang berasal dari Bahasa Turki ya Mbak Mita" pinta seorang Ibu yang memesan nama bayi. 

Dua bulan terakhir ini saya beberapa kali menerima permintaan pemesanan nama bayi dimana orang tua menghendaki nama bayinya bernuansa Turki baik untuk bayi laki-laki maupun bayi perempuan. Rupanya, tren pemberian nama bayi kini sudah bergeser dari nama yang kebarat-baratan ke nama yang berasal dari daerah Timur Tengah. 

Saya kira, tren nama bayi bernuansa Turki ini tidak lepas dari banyaknya serial drama Turki yang kini tayang di Indonesia contohnya Abad Kejayaan, Elif, Cinta di Musim Cherry, Huzur Sokagi, dan Kucuk Gelin (Zahra). Awalnya serial drama dari Turki ini tidak terlalu mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. Namun, lama-kelamaan rupanya masyarakat, terutama Ibu-Ibu mulai menyukainya.
 
Coba pembaca blog saya, yang suka dengan serial drama Turki, mana suaranyaaa??

Cerita yang diangkat dalam serial drama Turki ini dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia sehingga ketika menontonnya, masyarakat dapat dengan mudah memahami alur cerita. Nama tokohnya pun mudah diingat misalnya nama Aisye, Aliye, Zeyneb, dan Selim dalam serial Elif. Di Indonesia, nama tersebut memiliki kemiripan dengan nama Aisyah, Aliyah, Zaenab, dan Salim. 

Kultur mirip, konflik mirip, nama pun mirip. Tak heran jika serial drama Turki ini menjadi salah satu hiburan idaman masyarakat Indonesia yang bahkan kabarnya akan mengalahkan serial drama Korea yang sudah melejit lebih dulu. Ada satu sebab lagi mengapa serial drama Turki ini menjadi tontonan wajib, yaitu wajah rupawan para pemainnya. Orang-orang Turki memiliki keperawakan yang eksotis dan unik. Ada kesan mendalam ketika kita menyaksikan para pemain yang cantik dan tampan tersebut di layar kaca. Mereka bukan bule berkulit putih, tapi tidak pula berwajah Arab. Mereka adalah perpaduan bule dan Arab.

Siapa yang tidak suka melihat pemain yang tampan dan cantik ini. Semua pasti suka. Ketika menontonnya ada harapan terselip bahwa kelak semoga anak-anak mereka bisa setampan dan secantik para pemain drama ini. 

Saya ada beberapa contoh nama bayi bernuansa Turki yang bisa rekan-rekan gunakan sebagai referensi. 

Nama Bayi Laki-laki 
 1. Aydin Utsman Ekrem artinya anak lelaki terpilih yang cerdas dan murah hati
Aydin = cerdas, pandai
Utsman = yang terpilih
Ekrem = murah hati
 2. Ahmed Erol Dinayat artinya anak lelaki yang terpuji, gagah berani, dan sholeh.
Ahmed = Orang yang terpuji
Erol = gagah berani
Diyanat = kesalehan
3. Kerem Sevilen Khan artinya pangeran yang mulia, baik hatinya, dan dicintai.
Kerem = mulia, baik hati
Sevilen = dicintai, disayangi
Khan = pangeran

 Nama Bayi Perempuan

1. Elif Aysila Elma artinya anak perempuan yang ramping, tinggi, dan manis seperti rembulan
Elif = Ramping dan tinggi
Aysila = Seperti bulan
Elma = Buah Yang Manis
 2. Hanifah Dilara Harika artinya anak perempuan yang kuat, cantik, dan baik.
Hanifah = Kuat
Dilara = indah, cantik, permai
Harika = sangat bagus
3. Akasma Kayla Azqila artinya anak perempuan pandai yang bermahkotakan mawar putih nan suci.
Akasma = pendakian mawar putih
Kayla = mahkota
Azqila = suci dan pandai
Nama bayi dari Bahasa Turki ini memang memiliki kemiripan dengan Bahasa Arab walaupun negara ini masuk ke dalam Benua Eropa. Banyak penduduk Turki yang beragama Islam dan bahasanya pun menyerap berbagai kosakata dari Bahasa Arab dan Bahasa Persia.

Bagaimana, apakah rekan-rekan nanti akan mengikuti tren dan memberikan nama anak dengan nuansa Turki? Yuk berbagi pemikiran dengan saya. Ohya, sebagai perbandingan, baca juga tentang tren nama bayi laki-laki yang populer tahun 2014 lalu ya.

post signature


23 komentar:

  1. Akuuu penyuka drama Turki mba,tapi cm kiraz mevsimi alias cinta di musim cherry, haha

    BalasHapus
  2. Tetep terdengar agak aneh ya namanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena kurang terbiasa ya Bu.

      Hapus
  3. Waah jadi, akan banyak nama Turki berkat serial Turki ya.
    Jadi ingatm saya pernah keterusan nonton Hazel padahal saya bukan peminat tayangan film/sinetron, Mak. Tapi nonton Hazel (salah satu drama Turki) lebih menarik ketimbang telenovela karena konfliknya lebih realistis dan lebih cepat "ritme"-nya. Kalo telenovela dulu2 itu kan lamanya minta ampun, pake diulur2 macam sinetron kita. Mungkin kayak drakor ya? Kalo drakor, saya belum pernah nonton satu pun. Sudah pusing duluan dengan nama2nya hehehe

    Eh, ternyata utk bisa kreatif mengombinasikan nama2 bayi, mesti update juga soal tontonan ya Mak?
    Sukses deh buatmu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, nama-nama dari Turki lebih ramah didengar oleh masyarakat Indonesia daripada nama-nama Korea. Itulah mengapa nama bayi yang bernuansa Turki lebih "in" daripada nama yang bernuansa Korea.

      Terimakasih doanya ya Mbak.

      Hapus
  4. Tapi gak kurang indahnya nama-nama bernuansa Islami lho, seperti Haliman Az-Zahra, aduuuh, koq menyentuh telinga rasanya gimanaa...gitu. Soal film Turki, wah, bunda gak pernah kebagian nonton TV deh, karena di coup terus setiap ada jam tayang film Turki. Cucu bunda selalu menguasai TV untuk main games, huhuuu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bunda, nama dari Turki memang memiliki kemiripan dengan nama Islami. Wah Bunda berbagi TV dengan cucu ya, salam sayang untuk cucu tercinta ya Bunda..

      Hapus
  5. Aku masih belum terlalu favorit drama Turki, atau karena belum pernah ikuti scr mendalam ya hahaha..

    BalasHapus
  6. entr kalo punya anak mau pake nama turki :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, konsultasinya bisa ke saya langsung ya :)

      Hapus
  7. Mba armita nama 'sami' yg aku pesen pas itu jg ala ala timur tengah hehe terinspirasi dari bayi campuran maroko jepang pas ketemu di turki :D anaknya ganteng . Kebetulan lagi hamil pas itu :) makasih ya mba udah merangkai nama sami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Adik Sami juga ganteng juga loh Bu Ulfi. Sama-sama Bu, senang bisa membantu :) Salam sayang untuk Adik Sami ya Bu.

      Hapus
  8. Keren, Mbak. Jadi mau nanya. Saya punya nama pena Kayla Mubara. Apakah cukup ramah dibaca dan didengar? Hehe. Sukses selalu, ya, Mbak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus Mba nama penanya, Kayla Mubara.

      Hapus
  9. kalau nama bernuansa turki yang saya ingat chansu dan hazal mba hehe...
    oiya mba mau tanya, arlonshy itu artinya apa ya? saya penasaran dengan arti nama itu hehe...makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mbak Handdriati,

      Nama Arlonshy tidak saya temukan artinya.

      Hapus
  10. Nama Arlonshy sayang sekali tidak saya temukan Mbak Handriati.

    BalasHapus
  11. Mbak... .. Minta masukan nama anak laki2 turki yg kira2 artinya laki2 kuat, beribawa n baik hatix

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Bapak/Ibu.

      Baik, insya Allah bisa saya susunkan nama bayinya ya. Mohon mengisi form online pemesanan nama bayi berikut ini: http://www.armitaconsultant.com/2013/03/form-pemesanan-nama-bayi.html

      Terima kasih.

      Hapus
  12. Selamat siang mb armita. Salam kenal sy dengan ani dan saat ini lagi nunggu lahiran anak ketiga. Alhamdulillah yg ketiga ini akan dapat anak cowok dan suamiku yg kebetulan berasal dr jawa berharap nama anak cowok kami berasal dr bahasa jawa kuno. Mohon bantuan mb memilihkaan nama yg baik buat anak kami...

    Oiya mb. Kedua putti sy bernama azka najikha putri hariadi dan alisha putri hariadi. Harapannya sich nama adek ketoga diawali dengan a jika ada tapi kalo ndak ada diawali dgn huruf lain juga ndak apa.

    Terima kasih banyak ya sebelumnya ya mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Ibu Asriani.

      Baik, Insya Allah bisa saya susunkan nama bayinya ya. Untuk itu, mohon mengisi form online pemesanan nama bayi berikut ini: http://www.armitaconsultant.com/2013/03/form-pemesanan-nama-bayi.html

      Terima kasih.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...