f

Senin, 10 November 2014

Arti Nama dari Tiga Anak Presiden Joko Widodo

Beberapa waktu lalu, saya dan Jessica Iskandar Intip Arti Nama Anak Presiden Jokowi. Kali ini saya akan membahas detail satu per satu apa arti dari nama anak presiden baru Republik Indonesia yang baru dilantik 20 Oktober 2014 lalu, yaitu Presiden Joko Widodo. 

Tak kenal maka tak sayang. Pepatah lama yang memang ada benarnya. Untuk itu, supaya kita lebih sayang kepada pemimpin negeri, ada baiknya juga kita berkenalan dengan putra-putri presiden. Bapak Jokowi dan Ibu Iriana dianugerahi 3 anak terdiri dari 2 laki-laki dan 1 perempuan. Siapa saja mereka? ini dia.

1. GIBRAN RAKABUMING

Gibran dan usaha cateringnya. Gambar diambil dari sini

Pria pemilik nama lengkap Gibran Rakabuming yang kini berumur 27 tahun ini adalah putra pertama Bapak Jokowi dan Ibu Iriana. Kini sang anak sulung tengah asyik bergelut mengembangkan usaha cateringnya yang bernama Chili Pari dan tengah meraih kesuksesan berusaha. Terbukti omzetnya meraih ratusan juta rupiah. Kesuksesannya dimulai dari ketika memutuskan untuk hidup mandiri jauh dari orang tua dengan cara menimba ilmu di bangku SMP dan SMA di Singapura dan dilanjutkan studi di perguruan tinggi di Universitas Teknologi Insearch, Sydney - Australia.

Kesuksesannya ternyata bisa ditilik dari namanya. Nama Gibran Rakabuming jika dipecah akan menjadi 4 kata yaitu Gibran + Raka + Bumi + Ing. Yuk kita lihat satu per satu apa arti dari tiap katanya.

Gibran = Pandai, pintar, cerdas (Arab). Ada yang bilang juga bahwa Gibran adalah singkatan dari Gigih dan Berani. 
Raka = Anak pertama, kakak (Indonesia)
Bumi = Tanah (Indonesia)
Ing = di (Jawa)

Jadi, nama Gibran Rakabuming kurang lebih berarti anak laki-laki pertama yang dikaruniai dengan kepandaian namun tetap membumi, low profile, ramah, dan sederhana. Jadi pantas saja jika Gibran sukses dengan bisnisnya di usia muda karena Gibran pandai mengambil peluang dan memanfaatkannya sebagai usaha baru. Semoga Gibran tetap pandai dan sederhana seperti apa yang tersirat dalam namanya.

2. KAHIYANG AYU
Ayang, putri presiden. Gambar diambil dari Instagramnya.

Rekan-rekan pasti setuju ya jika Ayang (nama panggilan dari putri kedua Jokowi) ini sangat mirip dengan Ibu Iriana. Ayang yang memiliki selisih usia 4 tahun dengan kakaknya ini nampak anggun dan cantik seperti Ibunya. 

Tidak seperti kakaknya Gibran yang sejak SMP bersekolah di luar negeri, Ayang justru memilih untuk bersekolah sampai perguruan tinggi di dalam negeri saja. Lulusan dari Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta tahun 2012 lalu memang sangat dekat dengan kedua orang tuanya. Hal ini wajar saja karena Ayang adalah satu-satunya anak perempuan di keluarganya sehingga bisa jadi Ayang memilih untuk bersekolah di dalam negeri karena tidak ingin hidup berjauhan dengan keluarganya. 

Jika ditelusuri, nama Kahiyang Ayu ini terdiri dari dua kata yaitu Kahiyang + Ayu. Yuk kita bedah satu per satu apa arti dari nama-nama tersebut.

Kahiyang = yang tersayang (Jawa)
Ayu = cantik, anggun (Jawa)

Nama Kahiyang Ayu ini berarti anak perempuan tersayang yang cantik dan anggun. Nama yang pas dan cocok sekali disandang oleh Ayang. Paras yang cantik dan perangai yang anggun terwarisi dari kedua orang tuanya. 

3. KAESANG PANGAREP

Kaesang berfoto dengan sang Ayah Jokowi. Foto diambil dari Instagramnya.

Kaesang adalah putra bungsu keluarga Jokowi dan saat ini berusia 20 tahun. Diketahui cukup senang mengolah tubuh di Gym, Kaesang memiliki tubuh yang kuat dan kekar bak seorang atlet. Kaesang juga dikenal sebagai seorang blogger dan kini tengah menyelesaikan studinya di Singapura, seperti kakak pertamanya Gibran. 

Lalu apa sebenarnya arti dari nama lengkap Kaesang Pangarep. Mari kita sama-sama telusuri yuk dan kita pecah namanya menjadi 3 kata yaitu Kae + Sang + Pangarep.

Kae = Itu (Jawa)
Sang = Yang (Jawa), bangsawan, cerah (Vietnam)
Pangarep = Yang diharap-harapkan, yang terdepan (Jawa)

Jadi secara keseluruhan, arti dari nama Kaesang Pangarep kurang lebih adalah seorang bangsawan yang kedatangannya itu sangat diharap-harapkan sebagai garda terdepan. Doa yang baik dan mulia diberikan oleh Bapak Jokowi untuk Kaesang. Semoga Kaesang kelak bisa menjadi sosok pribadi yang mumpuni, handal, dan siap berada di garis terdepan dalam menghadapi situasi apapun. Aamiin.

Secara keseluruhan, nama putra-putri Bapak Jokowi dan Ibu Iriana ini cukup unik, tidak ada duanya, dan kental dengan nuansa Jawa. Tak heran, karena sosok Bapak Jokowi dan Ibu Iriana adalah putra Jawa. Nama anak-anak mereka pun murni langsung diberikan oleh Pak Jokowi. Dari manakah sumber inspirasinya? ternyata Pak Jokowi cukup merenung dan idepun datang. Oke, sekian ya ulasan tentang arti nama anak presiden Jokowi. Semoga menginspirasi.

Jika ada rekan-rekan yang butuh rekomendasi atau usulan unik, menarik, dan kreatif terkait dengan nama bayi ataupun nama produk, toko, maupun perusahaan, bisa langsung kontak saya di:

14 komentar:

  1. Iya nama-namanya unik... yang paling saya suka itu si bungsu, karena sesama blogger, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, blog nya Kaesang bagus ya.. khas anak muda banget :D

      Hapus
  2. Bagus dan unik namanya :) salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kepikiran aja ya Pak Presiden membuatkan nama anaknya yang seperti nama-nama mereka. Salam kenal juga ya Mba Kania. Terimakasih sudah mampir.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Iya betul, maka buatlah nama yang sebaik-baiknya.

      Hapus
  4. Pas banget nih, kebetulan penasaran dengan nama-nama anak presiden yang unik dan indonesia banget ini. Nama memang doa orang tua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Mayya, nama anak presiden kita memang unik ya, dan terus terang saya juga suka dengan nama-nama tersebut.

      Hapus
  5. Nama anak-anak pak Jokowi unik-unik dan jarang di gunakan orang ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget, saya pribadi suka dengan selera nama anak-anak Pak Jokowi :)

      Hapus
  6. Suka dengan nama-nama mereka, unik dan yang paling penting berisi doa^^

    Oh ya..salam kenal^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, nama mereka memang unik. Salam kenal kembali.

      Hapus
  7. kalau tidak salah nama-nama putra-putri pak Jokowi merupakan singkatan.... contoh Gibran = Gigih dan berani..... yang jualan Markobar = Martabak Kota Barat

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...