f

Sabtu, 25 Januari 2014

Memilih Nama Panggilan Untuk Anak


Nama adalah anugerah terindah pertama yang kita berikan untuk sang anak. Adakalanya nama sudah dipersiapkan dengan baik, teliti, dan sempurna oleh kedua orang tua sehingga makna yang terkandung dalam nama tersebut pun sudah dipilihkan yang paling baik. 

Namun, seringkali kita jumpai di masyarakat bahwa nama panggilan tidak sesuai dengan nama aslinya sehingga ada kesan bingung bagi mereka yang tidak terlalu kenal dengan pribadi sang anak. Misalnya, sebut saja namanya Putri Bianca Cempaka (-contoh saja) tapi panggilannya 'Nonong', hanya karena dahinya lebar dan terkesan luas. Ada lagi yang namanya Yusuf namun dipanggil dengan nama 'Ucup'. Sebut saja Bisma, yang oleh teman-temannya dipanggil 'Pesek' dikarenakan kekurangan fisik pada hidungnya. Dan banyak lagi  beberapa contoh nama yang lain yang bisa kita temui dengan mudah di masyarakat.


Orang tua mana yang tidak sakit hati jika anaknya mendapat julukan seperti Nonong, Ucup, Pesek dan nama yang berkesan kurang baik tersebut. Orang tua sudah dengan susah payah menyiapkan nama terbaik untuk anaknya tentu saja kewajiban kita untuk memuliakan pilihan orang tua ini. Maka panggillah dengan nama yang baik pula. Misalnya nama Akmal Albyaksa, saya akan memanggilnya dengan nama Akmal, karena ketika kita memanggilnya, maka kita juga seraya mendoakannya. Akmal yang berarti sempurna dimaksudkan bahwa sang anak kelak akan sempurna dalam berusaha menggapai cita-citanya maupun dalam melakukan usaha lainnya. 

Selain penting memanggil dengan nama yang baik, kita juga perlu memanggil dengan nama yang mengandung arti baik pula. Ada kalanya sang orang tua sudah membuatkan nama yang baik untuk anaknya, tapi orang tua tersebut juga wajib membuatkan nama panggilan yang ada artinya juga. Fenomena orang tua saat ini ingin memanggil nama anaknya dengan panggilan yang terdengar lucu dan imut tanpa memperhatikan makna dari panggilan tersebut. Misalnya nama Mustika. Daripada memberikan nama Mumus sebagai namanya yang tidak ada artinya, akan lebih baik jika sang anak dipanggil dengan nama Titi (yang berarti teliti, mandiri) atau Tika (yang berarti lukisan) yang memiliki arti yang bagus.

Jika ada nama panggilan yang lebih bagus, kenapa tidak?


***
Apabila rekan-rekan membutuhkan rekomendasi atau usulan unik, menarik, dan kreatif terkait dengan pembuatan nama bayi ataupun nama perusahaan, atau butuh jasa untuk menerjemahkan tulisan dari Bahasa Inggris – Indonesia (sebaliknya) bisa langsung kontak saya di:
SMS/WhatsApp: 081802843438
Pin BB: 7EC44033
Email: armitaconsultant@gmail.com
Instagram & Twitter: @armitaconsult
www.armitaconsultant.com




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...