f

Selasa, 19 Februari 2013

Arti Nama Bayi AKMAL ALBYAKSA HASAN

Tanggal 19 Januari 2013/7 Rabiul Awal 1434 H pukul 04.50 WIB, saya melahirkan seorang bayi laki-laki sehat dengan berat 3620 gram panjang 51cm. Proses melahirkan berlangsung dengan lembut, menyenangkan, dan melewati proses yang normal. Walaupun cuma berdua dengan suami, Alhamdulillah kami bisa melewatinya dengan tegar. Nuansa kamar bersalin yang remang-remang, wangi, dan bersih didukung dengan tim medis yang sigap dan kompak serta dengan alunan ayat suci Al Quran sepanjang pembukaan 6-10 membuat saya semakin bersemangat untuk bertemu dengan bayi yang sudah kami tunggu-tunggu.


Bayi tersebut kemudian kami beri nama:

Jika dilihat arti per katanya sebagai berikut:
Akmal = sempurna, lebih lengkap, pandai (Arab)
Albyaksa = gabungan dari Alby (orang mulia yang pintar/Jerman), putih (Irlandia), hati (Arab) dan Aksa (orang yang selalu jernih air mukanya, mata, penglihatan/Jawa). Aksa juga bisa didekatkan dengan nama Aqsa, yaitu nama Masjid di Palestina
Hasan = Baik (Arab). Hasan juga adalah nama belakang dari suami saya.

Mohon doanya semoga bayi Akmal tumbuh dan berkembang menjadi seorang laki-laki pemimpin mulia yang sempurna dalam berikhtiar, pintar, suci/putih hatinya, baik rupa dan akhlaknya. Singkatnya, doa dalam nama tersebut berarti anak yang baik dan sempurna jiwa dan raganya. Bayi pelengkap kesempurnaan dan kebahagiaan juga mampu menjadi penyejuk hati keluarga kami dan semoga menjadi anak yang sholeh, cerdas, bermanfaat bagi agama, orang tua, negara & sesama..Aamiin
Bibarokati sirotul fatihah...

Kami panggil dengan nama Akmal, karena kami menaruh doa pada nama panggilan tersebut. Seperti yang saya tuliskan di atas bahwa nama Akmal berarti sempurna, lebih lengkap, pandai. Setiap kami memanggilnya, maka akan ada aliran doa bahwa Akmal akan menjadi anak yang pandai dan lebih sempurna. Jika ada 100 panggilan setiap hari, maka akan ada 100 doa tertuju padanya tiap hari.

Kami juga sengaja menyematkan nama belakang suami (Hasan) di belakang nama bayi kami, karena kami berharap bahwa kelak bayi Akmal akan menjadi ilmuwan ulama dan petualang yang akan banyak berkeliling dunia, dimana nama belakang yang identik dengan nama keluarga akan sangat dibutuhkan sebagai identitas diri. Sekaligus kami ingin membuat sebuah 'trah' keluarga Hasan, sehingga seluruh keturunan kami bernama belakang Hasan.


***

Apabila Bapak/Ibu membutuhkan rekomendasi atau usulan unik, menarik, dan kreatif terkait dengan pembuatan nama bayi ataupun nama perusahaan, atau butuh jasa untuk menerjemahkan tulisan dari Bahasa Inggris – Indonesia (sebaliknya) bisa langsung kontak saya di:

4 komentar:

  1. aamiiin..keren banget namanya...suka sama ide pemberian namanya...

    BalasHapus
  2. hehee.. makasih kak.
    nama anaknya kakak juga bagus, cerita di balik pemberian namanya juga bagus, makanya saya dan suami suka sama ceritanya :)

    BalasHapus
  3. Bagus sekali, Mbak, namanya. Semoga Akmal tumbuh dan berkembang menjadi seorang laki-laki yang bisa menjadi pemimpin yang baik, berakhlak mulia, cerdas, dan bersih hatinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampi ya Pak Akhmad dan menyempatkan untuk komen... aamiin, semoga Akmal kelak menjadi anak pemimpin yang baik, berakhlak mulia, cerdas, dan bersih hatinya.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...