f

Selasa, 08 Januari 2013

Tips Memberi Nama Bayi


Berita kehamilan bagi sebuah keluarga adalah berita menggembirakan yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Kira-kira 40 minggu, sang janin tumbuh dan berkembang di dalam rahim Ibu yang nyaman. Ketika mendekati HPL/Hari Perkiraan Lahir, biasanya orang tua sudah mempersiapkan nama untuk diberikan sebagai hadiah terindah pertama bagi sang bayi.

Memberikan nama bagi bayi adalah hal yang gampang namun susah juga. Saya memiliki beberapa tips dan contoh yang dapat digunakan sebagai rujukan bagi orang tua dalam memberikan nama kepada anak mereka. Berikut contohnya: 


1. Menunjukkan jenis kelamin yang jelas

Contoh nama yang bias gender misalnya SRI RAISHA PRATAMA. Meskipun nama ini digunakan oleh seorang laki-laki, namun adakalanya ada pihak-pihak yang berpendapat bahwa sang penyandang nama adalah seorang perempuan. Contoh nama yang jelas gender-nya misalnya
  • CAESAR DANISH KURNIADI (nama laki-laki) artinya seorang pemimpin yang pintar dan penuh dengan keberkahan
  • NADINE ASHAPUTRI (nama perempuan) artinya seorang anak perempuan harapan keluarga yang menyempurnakan kebahagiaan, mendapatkan kemenangan, dan tegas.
2. Mudah untuk di ucapkan. 

Contoh nama GENYUSZH LHYAND secara umum akan susah diucapkan oleh lidah masyarakat Indonesia.

3. Memiliki makna positif
Misalnya NAJLA EVELINE TSURAYYA artinya putri yang baik keturunannya, cantik, elok dan bersinar seperti cahaya bintang.

4. Menunjukkan etnis tertentu
Ada beberapa orang tua yang suka jika nama anaknya menunjukkan etnis tertentu. Misalnya keturunan TiongHoa yaitu SHU FANG SANJAYA artinya putri keluarga Sanjaya yang lembut dan manis

5. Menunjukkan peristiwa tertentu
Misalnya JANUAR RAINO karena pada saat terlahir, sang anak laki-laki lahir di bulan Januari ketika sedang lebat-lebatnya musim hujan. Raino berasal dari kata Rain yang dalam Bahasa Inggris berarti hujan.

Semoga membantu ya..

*tulisan ini dapat ditemukan di Majalah Reader Digest Indonesia Edisi Januari 2013

***
Pemesanan nama bayi/perusahaan & jasa translate dokumen dapat menghubungi:
SMS/WhatsApp: 081802843438

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...