f

Selasa, 29 Januari 2013

Perkembangan Janin Umur 27W dalam Kandungan

Your Body
Sebentar lagi trimester kedua akan selesai dan segera menuju ke trimester terakhir. Pada trimester ketiga ini ada beberapa gejala yang Ibu rasakan. Misalnya punggung yang gatal, pegal, dan mungkin kaki sering merasa kram. Hal ini dikarenakan adanya pertambahan berat di perut Ibu sehingga beban lebih berat dirasakan oleh kaki. Aliran darah menjadi tidak lancar apalagi dengan semakin bertambahnya umur kandungan. 
Kram kaki terasa wajar saat malam hari namun dapat juga dirasakan di siang hari. Jika Ibu merasa kram, usahakan untuk rileks dan stretching, usahakan jangan di pijat. Luruskan kaki dan dengan lembut Ibu dapat melenturkan ujung kaki ke depan dan belakang. Teknik ini biasanya di ajarkan juga di kelas senam hamil. Berjalan pagi selama 30 menit - 1 jam dan olahraga ringan dapat membantu Ibu untuk mengurangi kram. 




Your Baby
Sang bayi beratnya sudah mencapai 900 gram dengan panjang sekitar 37cm. Bayi sudah memiliki ritme tidur dan bangun yang reguler, membuka dan menutup matanya, dan mungkin menghisap jari-jarinya. 
Jaringan otaknya lebih berkembang sehingga otaknya menjadi lebih aktif sekarang. Paru-parunya belum berkembang sempurna namun sudah dapat berfungsi (dengan bantuan berbagai alat medis) jika bayi anda harus lahir pada umur 27 minggu ini. Catat pergerakan bayi anda dengan kartu monitor gerak janin. Pergerakan bayi normal dalam kandungan adalah minimal 12 kali gerakan besar dalam 10 jam. Bidan akan membantu Ibu dalam mengisi kartu monitor gerak janin ini.



Pengalaman Saya
Dokter kandungan saya mulai memberi kartu monitor gerak janin untuk membantu mencatat pergerakan janin. Saya juga sudah mulai disarankan untuk mengikuti kelas senam hamil. Namun karena saya harus pulang kampung selama 2 minggu, maka senam hamil tidak saya ikuti.

Di umur 27 minggu ini, saya masih melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan travel dan ditempuh dalam waktu 10 jam perjalanan. Sebelum berangkat, malamnya saya berkonsultasi dengan dokter. Pada pemeriksaan kali ini, berat janin saya kira-kira 1.120 gram (normal dan tidak perlu pembatasan konsumsi makanan). Saya juga diberi 5 buah tablet untuk dikonsumsi bila ada kontraksi. Alhamdulillah tidak ada kontraksi selama dan sesudah perjalanan. Tablet tersebut pun cuma saya minum setengah tablet saja.

***

Pemesanan nama bayi/perusahaan dapat menghubungi:
SMS/WhatsApp: 081802843438
Email: armitaconsultant@gmail.com

2 komentar:

  1. wahhh sudah besar yaa... cewek or cowok nih :)
    semoga sehat dan lancarr

    BalasHapus
  2. iya. alhamdulillah sudah lahir 19 Januari 2013 yang lalu.. ini linknya Mba Nia.. http://www.armitaconsultant.com/2013/02/akmal-albyaksa-hasan.html

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...