f

Rabu, 16 Januari 2013

Perkembangan Janin Umur 26W dalam Kandungan

Your Body
Mungkin Ibu dan keluarga mulai gelisah untuk mengikuti kelas senam hamil, yoga, atau olahraga ringan lainnya. Sementara itu, beberapa Ibu juga sudah membuat daftar belanja untuk keperluan si kecil. Jika Ibu sudah terpikir untuk melakukan hal ini, jangan lupa untuk tetap menjaga asupan makanan bergizi ya. Ibu juga perlu untuk istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidak bergadang juga.

Pada kehamilan 6 bulan ini, tekanan darah Ibu akan sedikit mengingkat meskipun mungkin masih di bawah tekanan darah sebelum kehamilan. Preeklamsia juga di alami oleh beberapa Ibu hamil yang dicirikan oleh tingginya tekanan darah dan kadar protein dalam urin sang Ibu - kebanyakan muncul setelah umur kehamilan 37 minggu. Namun hal ini dapat terjadi lebih awal sehingga sang Ibu dan keluarga perlu mewaspadai kemungkinan ini.

Ibu perlu menghubungi dokter jika ada pembengkakan di wajah atau daerah sekitar mata, dimana pembengkakan lebih besar daripada bengkak di sekitar tangan. Pembengkakan berlebihan di kaki atau pergelangan kaki, peningkatan berat badan yang cepat (lebih dari 1800 gram per minggu) patut diwaspadai.

Selain preeklamsia, Ibu juga perlu menghubungi dokter jika Ibu mengalami beberapa hal berikut:
  • pusing yang berkelanjutan, 
  • perubahan penglihatan (menjadi tidak jelas, melihat titik atau cahaya, sensitif terhadap cahaya, dan kehilangan penglihatan sementara), 
  • sakit yang hebat, 
  • kelunakan di bagian atas daerah perut
  • muntah




Your Baby

Jaringan syaraf di telinga bayi kita sudah lebih berkembang dan lebih sensitif dari sebelumnya sehingga sang bayi sudah dapat mendengar dengan baik percakapan di luar rahim. Bayi menghirup dan mengeluarkan sedikit cairan ketuban. Hal ini perlu untuk melatih kemampuan pernapasannya. Hal ini juga sangat baik ketika bayi kita lahir ke dunia dalam menghisap udara.

Lemak yang ada pada bayi terus bertambah dan beratnya mencapai 770 gram dan panjangnya 36 cm. Jika bayi berjenis kelamin laki-laki, testisnya mulai turun ke kantung kemaluannya (kantung buah pelir) - sebuah perjalanan yang membutuhkan waktu 2 - 3 hari.


Pengalaman saya


Benar sekali bahwa sejak mengetahui berita kehamilan ini, saya sudah mulai memikirkan persiapan untuk menyambut tamu istimewa kami. Persiapan dari mulai memikirkan nama bayi, memberdayakan diri untuk menjalani kehamilan dengan bahagia, persiapan melahirkan dengan lembut, berperilaku baik dan berpikir positif, mendekatkan diri dengan Tuhan, menjalin silaturahmi dan juga mendaftar barang-barang apa saja yang diperlukan untuk kebutuhan dasar sang bayi kami (terutama sejak mengetahui jenis kelamin anak saya pada umur 15w).

Pada kehamilan 26 minggu ini, saya dan suami meluncur ke Pasar Baru Bandung untuk berbelanja segala kebutuhan bayi dan Ibu, mulai dari baju, celana, popok, gendongan, sabun, dan segala macam rupanya. Nanti akan saya postingkan secara terpisah apa saja yang perlu di beli oleh keluarga baru dalam menyambut buat hati yang akan lahir.

Kami memang sengaja melakukan belanja ini di kehamilan 6 bulan mumpung kami punya waktu dan pas lagi ada dana. Jika proses belanja ini kami tunda, khawatirnya nanti perut saya terlanjur besar dan saya tidak cekatan lagi keluar masuk pasar (untuk menghindari resiko).

Kebetulan juga, pas kehamilan 26 minggu rejeki kami sedang naik sehingga kami langsung menuju Pasar Baru dengan membawa daftar belanja perlengkapan bayi. Jika uang ini tidak kami belanjakan untuk keperluan bayi, kami pasti menggunakannya untuk keperluan lain. Ternyata belanja keperluan bayi membutuhkan uang yang tidak sedikit ya.. Sehingga belanja di saat tersebut menjadi saat yang pas buat kami. Apalagi saat ini musim hujan, dimana pakaian akan sulit kering. Dengan berbelanja 3 bulan sebelum hari lahir, saya punya kesempatan untuk mencuci baju bayi kami.


***
Sumber: beberapa pernyataan saya translate langsung dari Pregnancy, android software.
*Jika ingin mengopi tulisan ini, silahkan menghubungi saya dulu di you.namefor@gmail.com. Terima kasih atas pengertiannya.

***

Pemesanan nama bayi/perusahaan dapat menghubungi:
SMS/WhatsApp: 081802843438
Email: armitaconsultant@gmail.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...