.Header img {margin-$startSide: auto;margin-$endSide: auto;} ARMITA CONSULTANT: Perkembangan Janin Umur 23W dalam Kandungan

Kamis, 08 November 2012

Perkembangan Janin Umur 23W dalam Kandungan


Your Baby

 
Janin 23 minggu (gambar dari sini

Mulailah hidupkan musik dan bergoyang! karena bayi janin Ibu sudah berkembang dengan baik di umur kehamilan 23 minggu ini dan dia pun bisa merasakan goyangan Ibu. Ukurannya sekarang sudah 28 cm dan beratnya mencapai 500 gram. Mungkin Ibu juga bisa melihatnya menggeliat di dalam perut :)
Pembuluh darah di jantung bayi sudah berkembang dan siap untuk digunakan bernafas. Pendengarannya menjadi semakin baik. Cochlea (berada di dalam telinga) sudah terbentuk sempurna sehingga sang janin mampu mendengar apa yang Ibu dengarkan namun tidak dalam tingkatan pendengaran yang sama karena suara dari luar teredam oleh otot dan jaringan disekitar perut Ibu, placenta, dan air ketuban.


Your Body
 
Ibu Hamil 23 Minggu (gambar dari sini


Pergelangan kaki dan kaki Ibu mulai terasa membengkak dan pegal-pegal mulai kehamilan 23 minggu ini khususnya di sore hari atau di siang hari yang panas. Aliran darah yang tidak lancar dan kekurangan air dapat menyebabkan pembengkakan yang dikenal sebagai edema
Selain itu, Ibu juga akan sering buang air kecil. Hal ini biasa dirasakan oleh Ibu hamil. Oleh karena itu, segeralah ke kamar kecil jika Ibu sudah ingin buang air kecil dan jangan ditunda karena bisa berbahaya. Ibu juga sering merasa gerah dan berkeringat banyak sehingga Ibu perlu mengkonsumsi air minum yang banyak untuk menjaga kondisi tubuh dan menghindari dehidrasi.
Berbaringlah pada sisi sebelah kiri atau angkatlah kaki jika memungkinkan, luruskan kaki jika Ibu sedang duduk dan hindari duduk atau berdiri pada satu posisi sama dalam waktu yang lama.
Berusahalah untuk berolahraga dengan teratur untuk meningkatkan sirkulasi. Kenakan pakaian yang nyaman, longgar, dan menyerap keringat. Sepatu Ibu juga hendaknya yang nyaman. 
Pembengkakan yang parah dapat menyebabkan preeklamsia. Telpon dokter kandungan Ibu jika Ibu mendapati pembengkakan parah pada kaki atau pergelangan kaki.


Pengalaman saya

Janin saya umur 23 minggu (foto pribadi) 



Setelah sekitar 2 bulan tidak bertemu dengan sang janin, akhirnya saya memeriksakan kondisi janin saya ke dokter kandungan pada umur 23 minggu ini. Tadinya deg-degan dan was-was karena sempat tidak periksa selama 2 bulan. Syukurlah ternyata kondisi janin saya baik-baik saja. Detak jantung normal, berat badan sudah sesuai dengan usianya (650 gram), posisi bayi normal tidak ada penutupan di jalan lahir, posisi masih bisa berputar.
Pulang dari dokter, saya dikasih bekal omega tiga sebanyak 30 buah untuk dikonsumsi 1 bulan. Omega 3 diketahui sangat baik untuk perkembangan otak janin. Omega 3 dan janin saya bawa untuk mudik ke Subang bersama sang suami untuk menengok mertua. Perjalanan kami ditempuh selama 4 jam dengan menggunakan bis umum. 


***
Sumber: beberapa pernyataan saya translate langsung dari Pregnancy, android software.
*Jika ingin mengcopy tulisan ini, silahkan menghubungi saya dulu di you.namefor@gmail.com. Terimakasih atas pengertiannya.



***

Pemesanan nama bayi/perusahaan dapat menghubungi:
SMS/WhatsApp: 081802843438

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tulisan Terkait

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...