f

Rabu, 10 Oktober 2012

Perkembangan Janin Umur 20W dalam Kandungan

Your Baby
20 minggu
Selamat! Ibu dan bayi sudah melewati separuh perjalanan. Masih ada kira-kira 20 minggu lagi yang mesti dilewati bersama-sama. Pada umur kehamilan 20 minggu ini, berat badan bayi sudah 260 gram dengan panjang sekitar 15 cm atau seukuran pisang ambon, yang diukur dari kepala hingga kaki. Di bawah 20 minggu, karena bayi masih meringkuk, maka biasanya pengukuran dilakukan dari kepala hingga pantatnya. Nah, setelah 20 minggu berikutnya, maka panjang bayi diukur dari kepala sampai ujung kakinya.

Bayi Ibu sekarang lebih banyak mulai menelan sekarang, sebuah indikasi yang bagus untuk sistem pencernaannya. Si bayi juga sudah memproduksi meconium, sebuah produk sampingan dari sistem pencernaan yang berwarna hitam dan lengket. Material yang liat ini akan terakumulasi di perut sang bayi dan nanti kita bisa melihatnya ketika dia buang air besar untuk pertama kalinya. Namun beberapa bayi akan mengeluarkan meconium ini ketika proses lahir atau meninggalkannya di rahim.


Your Body
Bentuk perut Ibu pada kehamilan umur 20 minggu
Kandungan Ibu pada kehamilan umur 20 minggu ini sudah sama tinggi dengan pusar Ibu dan mungkin sang Ibu juga sudah naik berat badannya sebesar 4.5 kg. Targetkan untuk mendapatkan 0.5 kg per minggu mulai dari sekarang. Jika Ibu termasuk yang kurus, maka sang Ibu perlu makan yang sehat bergizi untuk menambah berat badannya dan jika Ibu terlalu kurus maka Ibu perlu diet yang sehat.

Apakah Ibu menyadari bahwa gusi menjadi lebih lunak? Gusi yang sensitif pada kehamilan 20 minggu ini adalah sesuatu yang wajar terjadi ketika hamil. Tingginya hormon progresteron membuat gusi Ibu bereaksi terhadap bakteri. Jadi mungkin saja Ibu mengeluarkan darah ketika menggosok gigi karena suplai darah juga meningkat. Hal ini disebut pregnancy gingivitis. Minimalkan resiko ini dengan cara menggunakan sikat yang bersih dan bagus, sikat minimal dua kali sehari dan gunakan benang pendek untuk membersihkan gigi.


Pengalaman saya:

Saya, 20w, dalam perjalanan ke Jogja. Ban bus bocor di Rancaekek.
Saya masih asyik keliling Jawa meskipun sudah masuk kehamilan 20 minggu. Minggu ini, saya mengunjungi empat kota dalam seminggu yaitu Bandung - Bogor - Purworejo - Jogja. Trip yang menguras tenaga dan pikiran karena saya perlu mengurus perbaikan tesis setelah seminar dan mempersiapkan sidang untuk tesis yang rencananya akan diselenggarakan 22 September 2012. Alhamdulillah, si kecil senang loh di ajak jalan-jalan Ibunya.

Kali ini saya Ke Jogja karena ada kepentingan dengan cara ikut rombongan  kantor suami dalam rangka menghadiri syukuran pernikahan rekan suami saya. Seperti biasa, sebelum ke Jogja, pasti mampir dulu dikediaman orang tua saya di Purworejo untuk menengok keadaan mereka.

Kondisi saya dan janin masih luar biasa hebat. Gerakan dalam perut semakin terasa menguat. Gerakan Baby A makin menguat ketika malam hari menjelang waktu saya tidur dan melemah di pagi hari. 


***
Sumber: saya translate langsung dari Pregnancy, android software.
*Jika ingin mengcopy tulisan ini, silahkan menghubungi saya. Terima kasih atas pengertiannya.


***

Pemesanan nama bayi/perusahaan dapat menghubungi:
SMS/WhatsApp: 081802843438

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...