f

Selasa, 09 Oktober 2012

Perkembangan Janin Umur 19W dalam Kandungan

Your Baby


Menjelang umur kehamilan 5 bulan, perkembangan sensorik janin dalam kandungan tumbuh dengan cepat. Otaknya sudah terdesain sebagai sumber area untuk penciuman, perasa, pendegaran, penglihatan dan juga sentuhan.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bayi pada umur 19 minggu sudah mulai mendengar suara Ibunya, jadi kita tidak perlu malu untuk membaca dengan suara keras, berkomunikasi dengan sang janin, atau menyanyikan lagu gembira untuknya.

Berat bayi sudah mencapai 225 gram dan panjang janin sudah mencapai 15cm (dari kepala ke bawah). Posisi tangan dan kakinya sudah berada di posisi yang benar satu sama lain dan proporsional di seluruh badannya.

Ginjal janin sudah memproduksi urin dan rambutnya juga sudah mulai bermunculan. Lapisan lilin yang menyelimuti (vernix caseosa) sudah terbentuk melapisi kulit untuk melindunginya dari air ketuban yang asam.


Your Body


Tubuh Ibu sudah mulai membesar? betul, tubuh Ibu pada kehamilan ini sudah mulai membesar, bahkan lebih cepat. Sebagai dampaknya, Ibu mulai merasakan gatal-gatal di bagian perut, paha, selangkangan, terutama di sore hari. Biasanya sekitar tulang ikat (ligamen). Ligamen inilah yang mendukung perut kita karena adanya peningkatan berat. Tidak ada yang perlu dirisaukan ya tentang hal ini, karena ini gejala yang normal. Namun bila Ibu merasa rasa gatal ini menjadi semakin parah, segera hubungi dokter ya.

Ohya, Ibu juga mungkin menyadari bahwa ada perubahan pada kulit. Apakah permukaan tangan Ibu menjadi lebih merah? Jangan khawatir, karena ini berasal dari banyaknya estrogen yang terkandung. Mungkin Ibu juga mendapati kulitnya berwarna sedikit lebih gelap atau bercorak. Hal ini karena adanya peningkatan pigmen. Jika corak gelap ini muncul pada bibir bagian atas, pipi, dahi, fenomena ini disebut cholasma atau mask of pregnancy. Mungkin juga Ibu menyadari warna gelap pada bagian puting, bintik pada muka, bekas luka, ketiak, paha dalam, dan daerah vulva (organ intim wanita). Nah kalau garis hitam dari mulai pusar - organ intim wanita disebut linea nigra atau dark line.

Garis/titik hitam ini nanti juga akan mulai memudar kok setelah selesai melahirkan. Tetap lindungi diri Ibu dari sinar matahari langsung ya. Lindungi tubuh Ibu dengan payung, topi, sunscreen, dan baju tertutup ketika berada di luar ruangan.

Pengalaman saya:

Di minggu ke 19 pada kehamilan pertama ini, saya masih sibuk wira-wiri Bandung-Bogor. Minggu ini, merupakan salah satu minggu bersejarah dalam hidup saya, karena akhirnya saya berhasil melaksanakan seminar hasil untuk tesis saya, tepatnya tanggal 1 September 2012 pukul 09.00-10.00. Seminar hasil yang berbarengan dengan acara Halal Bil Halal kampus MB IPB. Memanfaatkan momen tersebut pula, saya dan teman-teman S1 saya, berkumpul untuk sebuah reuni kecil

Voilaa,, itu semua berjalan dengan lancar. Baby A juga tidak rewel. Masih tangguh dan tidak banyak menuntut. Perut sudah mulai mengelembung. Jika mengenakan baju yang sedikit ketat, tonjolan perut makin keliatan. Jika dengan baju yang longgar, masih belum terlihat.

Kalaupun gatal-gatal di perut dan kaki saya rasakan, saya sudah siap dengan minyak zaitun yang sengaja saya beli untuk meredakan rasa gatal ini. Minyak zaitun lembut, licin, dan bagus untuk melembabkan dan bisa untuk mengurangi strechmark. Syukurlah, suami saya tidak banyak protes kalau diminta bantuan untuk mengoleskan minyak zaitun ke tubuh saya, terutama untuk bagian tubuh yang sulit dijangkau.

***
Sumber: saya translate langsung dari Pregnancy, android software.
*Jika ingin mengcopy tulisan ini, silahkan menghubungi saya. Terima kasih atas pengertiannya.

Pemesanan nama bayi/perusahaan dapat menghubungi:
SMS/WhatsApp: 081802843438


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...