f

Kamis, 27 September 2012

Perkembangan Janin Umur 18W dalam Kandungan

Your Baby

Pada kehamilan di minggu ke 18 ini (trimester kedua), ukuran panjang bayi dari kepala ke pantat sudah mencapai 14 cm (sebesar paprika) dan beratnya kira-kira sudah 140 gram. Bayi anda sudah bisa menggerakkan tangan dan kakinya dengan lancar dan sang Ibu sudah bisa menyadari pergerakan sang bayi dari minggu-minggu ini kedepannya.

Pembuluh darahnya terlihat di kulitnya yang tipis. Telinganya sudah dalam posisi akhir, meskipun sedikit terletak agak kedepan. Lapisan myelin (lapisan lemak putih yang melindungi syaraf) sudah mulai terbentuk, sebuah proses yang akan berlanjut hingga setahun setelah sang bayi lahir.

Jika bayi yang dikandung berjenis kelamin perempuan, maka uterus dan tuba falopinya sudah terbentuk pada tempatnya. Namun jika sang bayi adalah seorang laki-laki, maka jenis kelaminnya sudah mulai bisa terdeteksi sekarang loh. Namun kadang sang bayi masih malu-malu dan menyembunyikan area pribadinya ketika dilakukan USG.

Your Body

Ibu sering merasakan lapar pada usia kehamilan 18 minggu ini. Supaya lebih sehat, maka sang Ibu perlu memilih sumber makanan dan snacks yang kaya dengan nutrisi dibandingkan dengan makanan yang miskin kalori (keripik, kentang goreng, permen, atau manisan lainnya). Baju yang lebih besar, lebih nyaman harus mulai digunakan oleh sang Ibu mulai dari sekarang karena nafsu makan Ibu juga mulai meningkat dan ukuran pinggang pun ikut juga bertambah.

Sistem cardiovascular sang Ibu juga mengalami perubahan yang banyak. Selama trimester kedua ini, tekanan darah kita mungkin akan menurun daripada biasanya. Jangan berusaha untuk bangun cepat-cepat dari posisi tiduran atau duduk karena Ibu akan merasakan pusing.

Oleh karena itu, sejak sekarang, mulailah untuk berbaring miring pada satu sisi. Ketika kita berbaring, perut kita akan menekan hampir seluruh pembuluh darah, sehingga mengurangi darah yang kembali ke jantung. Usahakan untuk meletakkan bantal dibelakang kita atau di bawah pinggul atau diatas kaki sehingga badan terasa lebih nyaman.

Jika kita belum pernah melakukan USG pada trimester ke dua ini, segeralah untuk periksa. Pemeriksaan yang tidak sakit ini akan membantu kita dan tenaga medis yang membantu kita untuk memeriksa kondisi perkembangan bayi, memeriksa jika ada kejanggalan/kecacatan pada bayi, melihat posisi plasenta dan tali pusat, menentukan kapan HPL, dan melihat berapa bayi yang dikandung oleh Ibu. Selama pemeriksaan, kita akan melihat sang bayi bergerak-gerak ataupun menghisap jempolnya. Jangan lupa periksa bersama suami ya Bu dan bawa pulang juga hasil print-out USGnya sebagai kenang-kenangan.

Pengalaman saya:
Di umur kehamilan 18w ini, saya dan keluarga mengadakan sebuah syukuran kecil di rumah orang tua saya. Syukuran dengan tujuan untuk mendoakan agar sang bayi dan Ibu sehat sejak kehamilan ini sampai dengan nanti melahirkan. Sejak umur 4 bulan ini, roh sudah ditiupkan kedalam perut sang Ibu sehingga kami pun harus mulai hati-hati menjaganya. Kebetulan pula momen ini bertepatan dengan libur cuti bersama Idul Fitri 1433H. Jadi memang saat yang tepat untuk berkumpul dan memanjatkan doa bersama-sama dengan keluarga besar. Baby A bekerja sama dengan baik karena tidak rewel ketika diajak perjalanan jauh dari Bandung - Subang - Bandung - Purworejo - Jogja - Bandung dengan motor, bis, mobil, dan kereta. 


Sumber: saya translate langsung dari Pregnancy, android software.

*Jika ingin mengcopy tulisan ini, silahkan menghubungi saya. Terima kasih atas pengertiannya.

***

Pemesanan nama bayi/perusahaan dapat menghubungi:
SMS/WhatsApp: 081802843438

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...