f

Rabu, 12 September 2012

Perkembangan Janin Umur 17W dalam Kandungan

Janin 17 Minggu

Your baby
Pas umur kehamilan sudah mencapai 17 minggu, kerangka-kerangka di janin dalam kandungan kita berubah dari tulang rawan/muda menjadi tulang dengan struktur yang lebih kuat. Tali pusat juga berkembang menjadi tali penghubung yang lebih kuat dan lebih tebal.

Berat si baby mungil sudah mencapai 130 gram loh. Panjangnya sudah sekitar 12cm diukur dari kepala sampai kaki. Ohya, si baby juga sudah dapat menggerakkan tulang-tulang sendinya dan kelenjar keringatnya mulai berkembang pada umur 17 minggu ini.

Your body
Pada umur kehamilan 17 minggu ini, tubuh kita sudah sedikit terasa enak. Karena perut kita sudah semakin membesar, pusat gravitasi kita juga mulai berubah loh. Jadi kadang-kadang kita mulai merasa tidak seimbang. Nah terkait dengan itu, makanya sebaikya kita menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kita kehilangan keseimbangan, misalnya karena pemakaian sepatu/sandal berhak tinggi. 

Usahakan memakai sepatu/sandal dengan hak rendah untuk mengurangi resiko jatuh terguling, trauma perut yang dapat membahayakan kita sebagai ibu dan juga bayi kita. Ohya, jangan lupa pastikan juga kita terkait dengan sabuk pengaman pas kita ada di dalam mobil ya..pastikan sabuknya ada di bawah perut kita ya. Tarik sabuknya dengan pas melewati pinggul kita dan juga gunakan pengaman yang lembut dan pas yang terpasang di antara dada kita ya Ibu-ibu.

Mungkin kita juga mulai menyadari kalau mata kita menjadi lebih kering. Penggunaan obat tetes mata setidaknya bisa membantu untuk melembabkan mata kita. Kalau misalnya kita menggunakan lensa dan lensanya terasa tidak nyaman, coba mulai ganti dengan kacamata biasa ya. Kalau misalnya tetap ingin menggunakan lensa, gunakan dalam waktu yang singkat saja.

Sumber: saya translate langsung dari Pregnancy, android software.

Pengalaman saya:
Umur kehamilan 17 minggu saya masih berpuasa walaupun sehari puasa sehari tidak. Alhamdulillah, bayi saya mau ikutan puasa sejak di dalam perut dan tidak rewel. Saya bawa bolak balik Bandung-Bogor untuk urusin seminar tesis saya, dia juga oke-oke aja. Hmm.. nampaknya dia akan menjadi smart person ya. Sudah dari bayi di ajak Ibunya berkutat dengan tesis dan mau diajak berjuang bersama-sama. Amin.


*Jika ingin mengcopy tulisan ini, silahkan menghubungi saya. Terima kasih atas pengertiannya.

Pemesanan nama bayi/perusahaan dapat menghubungi:
SMS/WhatsApp: 081802843438


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...