f

Selasa, 13 Desember 2011

SIAPA BAYI TERKECIL DI DUNIA DAN INDONESIA?

Bayi terkecil yang pernah terlahir di dunia hanya berbobot 0.25 kg panjang sekitar 25 cm, terlahir pada tanggal 19 September 2004. Saya sendiri kaget membaca berita ini. Dalam hati saya, masa sih bayi sekecil ini bisa hidup? ternyata saya salah saudara-saudara.. Ternyata bayi super mungil itu masih bisa hidup sekarang, bahkan sudah mampu bersekolah tentunya dengan kekuasaan Allah SWT.












Dialah Rumaisa Rahman dari pasangan Mohammed Abdul Rahman dan Mahajabeen Shaik (seorang pasangan dari India) yang sekarang duduk di bangku SD kelas 1 di Loyola University Medical Center, Maywood, Illinois, AS. Ruamisa menghabiskan 50 hari di dalam unit perawatan intensif bayi baru lahir. Sebenarnya dia terlahir kembar, namun ternyata saudara kembarnya (Hiba Rahman) tidak mampu bertahan lama. Ruamisa ini lahir ketika ibunya baru mengandungnya selama 25 minggu. Ada dugaan bahwa Ibunya keracunan kehamilan. Sekarang berat badannnya sudah 15 kg, peningkatan berat badan yang lumayan :)

Kalau di Indonesia, salah satu bayi termungil yang pernah lahir adalah Seo Yee Jin (berkebangsaan Korea) dengan berat badan 700 gram dilahirkan prematur dalam usia kandungan 27 minggu di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 11 Oktober 2010. Ketika usianya mencapai 3 bulan, berat badannya sudah meningkat menjadi 2,43 kilogram.

Namun ada juga bayi yang lebih mungil dari Seo Yee Jin, bayi mungil itu lahir 650 gram saja. Dia lahir di RS Hasan Sadikin Bandung tahun 2005.

Rekan-rekan, berapapun berat badan bayi yang terlahir, apapun dan bagaimanapun kondisi dia ketika lahir, dialah anak kita yang wajib kita syukuri, Sudah jadi kewajiban kita untuk memeliharanya sebaik mungkin. Semoga bayi-bayi kita menjadi bayi yang high energy level dan terus sehat. :)

*Dirangkum dari beberapa berita di www.kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...