f

Sabtu, 09 April 2011

7 FAKTA TENTANG KUCING


Rekan, di tempat saya tinggal ada 3 ekor kucing. Mereka adalah Beng-beng, Elisa, dan Gumi.

Beng-beng (jantan) adalah kucing yang saya pelihara sejak dia umur 4 bulan dan sekarang umurnya 13 bulan.
Elisa (betina) baru saya pelihara selama sebulan terakhir ini dan umurnya 4 tahun. Elisa ada karena saya sedang dalam misi menjodohkan kucing saya Beng-beng. Sebelumnya memang Beng-beng ini sudah saya jodohkan dengan kucing lain, namun ternyata mereka tidak cocok.
Gumi (betina) adalah kucing yang sejak tahun 2006 sudah menghuni tempat ini. Awalnya dia adalah kucing praktek mahasiswa Kedokteran Hewan. Namun lama-lama dia dipelihara seterusnya di tempat tinggal saya.

Selama memelihara kucing, saya mengamati beberapa tingkah laku kucing-kucing tersebut. Tingkah mereka unik, menggemaskan, dan selalu tidak pernah bosan. Ada-ada saja tingkah mereka sehingga kami tidak pernah bosan mengobrolkannya.
Lalu, apa saja sih kelakuan mereka? Huhmm,,, ini beberapa hasil pengamatan yang berhasil saya lakukan.

1. Kucing suka ngambek jika selesai mandi. Dia akan jadi kucing yang pendiam. Pasang tampang perenung, dan muka suram. Selama beberapa jam setelah mandi, dia akan diam saja. Jika disapa pura-pura tidak mendengar. Di ajak main, pura-pura tak mau.
Tapi jangan khawatir, kucing akan kembali lagi menjadi sosok yang ceria jika dia sudah merasa lapar. Dia akan memanggil-manggil kita dan merengek-rengek minta makan.. Hm....






2. Kucing jantan suka pipis sembarangan.

Untuk menunjukkan daerah kekuasaannya maka dia akan menandainya dengan cara mengeluarkan pipisnya itu. Tingkah ini menunjukkan naluri untuk menguasai. Pernah suatu pagi saya akan berangkat kuliah. Sudah siap dan saya tinggal memakai kerudung. Kerudung tersebut saya letakkan di lantai kamar karena baru saja saya setrika. Dengan tenangnya si Beng-beng masuk kamar dan biiiiiiippp.. dia pipis di atas kerudung saya.. Huhmm,, saya sedikit marah dengan tingkah dia ini. Tapi saya gak jadi marah pas lihat muka lugu dia. Mau marah juga gak ada manfaatnya.. Marah kok sama kucing.. hehe

3. Diantara kucing perempuan, ada kecemburuan.
Ternyata sesama kucing perempuan itu saling cemburu dan sedikit bermusuhan apalagi jika di dalam satu rumah hanya ada 1 kucing jantan. Mereka akan saling berebut dan bertingkah genit untuk menarik perhatian si jantan.

4. Pada dasarnya, kucing tidak suka buang air sembarangan.
Mereka memiliki insting untuk menggaruk dan menggali tanah atau pasir ketika mereka buang air kecil dan besar. Ada baiknya kita sediakan pasir (batu zeolit) yang diletakkan di wadah untuk tempat mereka buang air ini. Memang mereka butuh di latih pada awal-awalnya. Tapi ketika mereka sudah terbiasa, hal ini bisa memudahkan kita. Oh ya, jangan lupa buang kotorannya yg ada di pasir ya.. karena mereka tidak bisa buang kotoran mereka sendiri

5. Kucing suka bangun subuh
Si Beng-beng suka pegang pipi dan mengelus-elus pipi saya. Dia membangunkan saya di waktu subuh dengan cara tersebut. Jika saya tetap ngeyel dan bandel tidak mau bangun-bangun juga, maka dia akan mengeong-ngeong dan mencakar-cakar pintu.. maka tidak ada pilihan lain bagi saya selain bangun, buka pintu, kasih makan buat Beng-beng dan sholat! :)

6. Kucing kalau tidur mendengkur
yap. sadar atau tidak sadar, maka kucing terkadang akan tidur dengan mendengkur. memang suaranya tidak sekeras seperti suara manusia. Suaranya terdengar lebih halus, kecil, dan lembut.







7. Kucing jantan bisa selingkuh

Di dalam rumah sudah ada 2 ekor kucing betina, tapi ternyata beng-beng masih suka berkeliaran keluar rumah untuk mencari kucing betina lain. Pernah beberapa hari dia tidak pulang. Sudah dicari kemana-mana dia tidak ada. Saya cemas akan keberadaan kucing eksotik ini. Khawatir ada yang menculik dan mengakuinya. Huhm.. setelah beberapa puluh jam dia menghilang, akhirnya dia ditemukan. Thanks God. Namun dia pulang dalam keadaan berdarah-darah. :( Kaki kanannya sobek. Ada goresan luka di wajah dan muka dia. Untuk mempercepat kesembuhannya akhirnya dia di rawat inap selama 4 hari. Di duga dia tidak pulang karena asyik berkencan dengan kucing tetangga dan akhirnya lupa jalan pulang.


Baiklah, itu sedikit fakta tentang kucing di tempat tinggal saya. Rasanya tidak terlalu berbeda dengan tingkah laku kucing lain. Apa kucing rekan-rekan punya kebiasaan unik dan berbeda?

4 komentar:

  1. kalo kucing garong faktanya apa ya?:>

    BalasHapus
  2. wah belum tau tuh bang kalo kucing garong faktanya gimana..
    hmm,, bagaimana kalo kita teliti bareng-bareng?
    bisa buat bahan tesis bang.. hehe
    :)

    BalasHapus
  3. Kucingku g spraying loh mak ^^ aku steril :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...